Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:51 WIB | Selasa, 05 November 2019

Kemenkes: Sumut Suspek DBD Tertinggi Minggu Ketiga Oktober

Pemberantasan nyamuk DBD terus dilakukan melalui komunikasi, informasi, dan edukasi. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mencatat, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) merupakan daerah suspek demam berdarah dengue (DBD) tertinggi pada minggu ketiga Oktober 2019, yaitu 250 kasus.

"Ini laporan DBD, sebagai kewaspadaan antisipasi kalau terjadi penularan yang cepat," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi di Jakarta, Selasa (5/11).

Suspek DBD itu, kata dia, artinya belum tentu positif kasus DBD namun harus menjadi kewaspadaan bagi masyarakat.

Jika dibandingkan pada minggu kedua di bulan yang sama, angka tersebut naik 19 suspek di mana awalnya hanya 231 suspek.

Selain Sumut, Provinsi Jawa Tengah juga berada pada garis merah atau tertinggi yaitu 214 suspek. Kemudian disusul Provinsi Riau sebanyak 107 suspek DBD.

Ia mengatakan, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Kemenkes RI, Sumatera dan Jawa merupakan dua pulau paling tinggi atau masuk zona merah ditemukannya suspek DBD pada minggu ke-39 tahun 2019.

"Hal tersebut dibuktikan dengan Aceh 86 suspek, Sumut 250 suspek, Riau 107, Sumatera Barat 42 suspek dan Lampung 111 suspek," katanya.

Sementara untuk Pulau Jawa, Provinsi Jawa Barat tercatat sebanyak 174 suspek, Jawa Tengah 214 dan DKI Jakarta 32 suspek.

Sementara itu, untuk Papua suspek DBD berada pada zona hijau atau kategori rendah. Perinciannya yaitu Provinsi Papua sebanyak 10 suspek dan 11 suspek di Papua Barat.

Untuk mengantisipasi DBD, Kemenkes mengimbau masyarakat untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), saat peralihan musim agar terhindar dari penyakit vektor.

"Peralihan musim itu identik dan berhubungan erat dengan penyakit vektor, jadi masyarakat perlu menyadari pentingnya PSN,” katanya. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home