Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben E. Siadari 19:07 WIB | Jumat, 29 Januari 2016

Kemenlu Tiongkok Tepis Rumor Proyek Kereta Cepat Batal

Presiden Jokowi usai menandatangani peletakan batu pertama kereta cepat Jakarta-Bandung, hari Kamis (21/1). (Foto: setkab.go.id)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Luar Negeri Tiongkok secara khusus mengadakan jumpa pers untuk membantah informasi yang beredar bahwa proyek kereta cepat Bandung-Jakarta batal. Info tentang batalnya proyek tersebut merebak setelah terungkap bahwa izin bagi proyek tersebut sebagian besar belum terbit.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hua Chunying, dalam konferensi pers di Beijing menyatakan bahwa proyek kereta cepat yang 75 persen pendanaannya berasal dari pinjaman pemerintah Jepang tidak batal.

"Desas-desus mengatakan proyek kereta api Jakarta-Bandung kecepatan tinggi telah dipaksa untuk ditangguhkan tidak benar, dan itu sudah diklarifikasi oleh China Railway Corporation," kata dia, sebagaimana dilansir oleh crienglish.com.

"Upacara untuk dimulainya pembangunan proyek sudah digelar. Kedua pemerintahan, Tiongkok dan Indonesia sangat memandang penting proyek ini, dan bekerja sama erat bersama-sama. Kedua belah pihak akan mempromosikan kelancaran pelaksanaan pekerjaan konstruksi proyek, dan berharap itu akan menguntungkan rakyat Indonesia, dan juga memperkuat kerjasama bilateral yang pragmatis dan memperdalam hasil yang saling menguntungkan," demikian pernyataan Kemenlu Tiongkok.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home