Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 16:33 WIB | Kamis, 28 April 2016

Kemenpora Dukung ISC Sebagai Kompetisi Transparan

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dan Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot Sulistiantoro Dewa Broto (kanan) saat Konferensi Pers terkait Indonesia Soccer Championship 2016, di Media Center Kemenpora, hari Kamis (28/4). (Foto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, mendukung kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) sebagai sebuah sistem kompetisi sepak bola yang diharapkan memiliki transparansi dari sisi pengelolaan keuangan.

“Saat ini pecinta sepak bola Indonesia akan menyambut sebuah tata kelola kompetisi sepak bola yang independen,  proses reformasi tata kelola yang telah bergulir ini telah sampai pada tahap digelarnya  sebuah even kompetisi yang dinamai Indonesia Soccer Championship (ISC),” kata Menpora dalam Konferensi Pers terkait Indonesia Soccer Championship 2016, di Media Center Kemenpora, hari Kamis (28/4).

Imam menjelaskan kompetisi tersebut disebut kompetisi yang transparan dalam sisi pengelolaan dana sebab salah satu bentuk transparansi dari ISC ini adalah sumber-sumber pendapatan dana dari pihak sponsor sudah dilaporkan.

“Pendanaan kompetisi telah dilaporkan kepada pemerintah (Kemenpora, red) dengan data yang dapat dipertanggungjawabkan, seperti (nilai kontrak, red) dari Torabika 120 miliar, (nilai kontrak, red) Indosat Rp 50 miliar, Bank BTNP Rp 25 Miliar, dan Sido Muncul Rp 20 miliar, sisanya dari sponsor yang lain,” Imam menambahkan.

Imam menginginkan dengan adanya transparansi dana seperti yang telah dia kemukakan, maka masyarakat pecinta sepak bola dapat mengawal kompetisi tersebut.

“Sehingga nanti jangan sampai ada tagihan di masa mendatang kalau ada kasus pemain tidak dibayar klub,” kata dia.

Imam mengharapkan pihak operator kompetisi, PT Gelora Trisula Semesta (GTS) untuk melaksanakan dan mengawal kompetisi dengan baik. “Dia (PT GTS, red) akan terus dievaluasi dan dimonitoring, bila PT GTS tidak melaksanakan rekomendasi untuk sepakbola yang baik maka bisa jadi sewaktu-waktu pemerintah dapat menghentikan kompetisi tersebut,” kata Imam.  

Indonesian Soccer Championship

Seperti diberitakan Antara beberapa waktu lalu, ISC akan bergulir mulai April sampai dengan Desember 2016.

Laga ISC dilangsungkan antara Persipura Jayapura melawan Persija Jakarta di Stadion Mandala, Jayapura, Jumat (29/4). Setiap tim akan melangsungkan laga home and away.  18 klub yang berlaga antara lain  Persib Bandung, Sriwijaya FC, Persipura Jayapura dan Arema Cronus. Selain itu persaingan juga akan diramaikan oleh Mitra Kukar, PSM Makassar, Persija Jakarta serta tim baru seperti PS TNI dan Bhayangkara Surabaya United.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home