Loading...
HAM
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 11:23 WIB | Sabtu, 11 Oktober 2014

Kementerian Kehakiman Rusia Berniat Bubarkan Kelompok HAM

Presiden Rusia, Fladimir Putin. (Foto: AFP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM – Kementerian kehakiman Rusia mengajukan gugatan untuk membubarkan kelompok hak asasi manusia terkemuka Memorial, kata presiden organisasi itu kepada AFP pada Jumat (10/10).

Mahkamah Agung Moskow mengatakan dalam sebuah pernyataan pihaknya akan menyidang kasus tersebut pada Senin (13/10), tapi mereka tidak memberikan keterangan lebih rinci di situsnya.

Alexander Cherkasov, yang memimpin Memorial, mengungkapkan otoritas Rusia mempertanyakan struktur organisasi kelompok tersebut.

“Semua tuduhannya tidak masuk akal,” kata Cherkasov.

Memorial, yang menceritakan kronologi korban represi era Stalin di arsipnya yang dihormati dunia dan juga angkat suara mengenai masalah hak kontemporer, terus ditekan pemerintah.

Organisasi tersebut pada tahun ini diperintahkan untuk mendaftarkan diri mereka sebagai “agen asing” di bawah undang-undang baru yang disahkan tahun lalu.

Undang-undang tersebut memaksa semua LSM yang terlibat dalam kegiatan politik dan menerima sokongan dana internasional untuk mendaftarkan dan menamai diri mereka sebagai “agen asing” di seluruh dokumen mereka. (AFP)

 

 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home