Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:13 WIB | Selasa, 03 Desember 2019

Kementerian PUPR Lengkapi Tol Trans Jawa 85 Tempat Istirahat

Salah satu rest area yang berada di Jalan Tol Trans Jawa. (Foto: Antara/Dokumentasi Kementerian PUPR)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melengkapi Tol Trans Jawa dengan 85 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area, dalam rangka meningkatkan kenyamanan pengguna jalan pada liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Dengan perincian 43 rest area TIP A, 24 TIP B, dan 18 TIP C," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (3/12).

Menteri PUPR juga menambahkan, untuk peningkatan kenyamanan para pengguna jalan, Kementerian PUPR akan menyediakan 26 toilet kabin, 13 unit bis toilet VIP, 13 unit mobil tinja, 63 unit mobil tangki air, dan 449 hidran umum di lokasi rest area di jalan tol dan disebar juga di ruas-ruas jalan nasional.

Di ruas jalan tol juga akan disediakan mobile reader, mobile top up, dan penjualan kartu perdana uang elektronik pada GT dengan kepadatan lalu lintas tinggi.

"Untuk mengantisipasi keadaan darurat seperti longsor akibat peralihan musim, kami siagakan tim tanggap bencana pada titik-titik rawan bencana," kata Basuki Hadimuljono.

Selain itu, lanjutnya, untuk koordinasi Posko Siaga Sapta Taruna Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, tersebar di jaringan jalan nasional di seluruh Indonesia.

Kementerian PUPR akan terus berkoordinasi dengan Kemenhub, Korlantas, BMKG, dan kementerian/lembaga lain yang terkait untuk kelancaran dan kenyamanan selama liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Selain itu, Kementerian PUPR menyebut jalan Tol Trans Jawa yang operasional untuk liburan Natal 2019 & Tahun Baru 2020 sepanjang 1.002 km, termasuk Jakarta-Cikampek II Elevated 36 km yang rencananya akan diresmikan dan dioperasikan pada minggu ke-2 Desember 2019. (Ant)

 

 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home