Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 18:19 WIB | Jumat, 11 November 2022

Kemlu: 17 Pemimpin Negara G20 Memastikan Hadir pada KTT di Bali

Dipastikan yang hadir 36 dari total 41, termasuk undangan dan pemimpin organisasi internasional.
Bendera nasional negara anggota G20. (Foto: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah Indonesia, hingga saat ini, telah menerima konfirmasi kehadiran langsung 17 pemimpin negara anggota G20 pada saat KTT (konferensi Tingkat Tinggi) yang akan diselenggarakan di Bali.

Dalam keterangan tertulis kementerian luar negeti disebutkan, total kehadiran para pemimpin, termasuk Presiden Indonesia, adalah 36 orang dari total 41 peserta. Negara anggota G20 adalah Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea (Selatan), Rusia, Perancis, China, Turki, dan Uni Eropa.

Disebutkan, dari pihak negara anggota G20, Brazil dan Mexico telah menginformasikan bahwa Presiden mereka tidak dapat hadir. Mexico akan diwakili oleh Menlu Mexico, sementara untuk Brazil masih dilakukan komunikasi mengenai bentuk partisipasi Presiden Brazil yang direncanakan secara virtual.

Disebutkan, pada 8 November 2022, Kementerian Luar Negeri telah menerima nota diplomatik dari Kedubes Rusia di Jakarta yang menyampaikan bahwa Presiden Rusia, Vladimir Putin, tidak dapat hadir di Bali (in person).

Sedangkan dari pihak undangan, Pemerintah Fiji, karena tengah menjalani pemilihan umum, mengirimkan utusan khusus (special envoy). Di samping itu Presiden Ukraina, Volodymir Zelenskyy, juga berpartisipasi secara virtual

Kehadiran 18 pemimpin G20 (termasuk Indonesia) ditambah delapan dari 10 negara undangan dan pemimpin 10 Organisasi Internasional merupakan tingkat kehadiran yang sangat tinggi dan mencerminkan komitmen bersama untuk pastikan G20 tetap efektif di tengah situasi yang sangat sulit saat ini.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home