Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:44 WIB | Jumat, 07 Oktober 2022

Kemunduran di Ukraina, Pemimpin Chechnya Kritik Petinggi Militer Rusia

Kemunduran di Ukraina, Pemimpin Chechnya Kritik Petinggi Militer Rusia
Foto menunjukkan Ramzan Kadyrov, pemimpin republik Chechnya Rusia (kanan) berbicara dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, di kediaman negara Novo-Ogaryovo di luar Moskow, pada 31 Agustus 2019. (Foto: dok. AFP)
Kemunduran di Ukraina, Pemimpin Chechnya Kritik Petinggi Militer Rusia
Tentara Ukraina istirahat dalam perjalanan ke garis depan melawan pasukan Rusia di wilayah Donetsk pada 21 September 2022. (Foto: dok. AFP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Penarikan pasukan Rusia dari kota strategis penting di timur Ukraina telah mendorong dua sekutu kuat Presiden Vladimir Putin untuk melakukan sesuatu yang langka di Rusia modern: secara terbuka mengejek petinggi mesin perang.

Hilangnya benteng Lyman oleh Rusia, yang menempatkan bagian barat wilayah Luhansk di bawah ancaman, menyentuh keberanian Ramzan Kadyrov, pemimpin republik Rusia, Chechnya.

Kadyrov, yang telah dekat dengan Putin sejak ayahnya dan mantan presiden Chechnya, Akhmad, tewas dalam serangan bom tahun 2004 di Grozny yang juga menewaskan seorang fotografer Reuters, menyarankan agar Rusia mempertimbangkan untuk menggunakan senjata nuklir taktis kecil di Ukraina sebagai tanggapan atas kerugian.

Peringatan nuklir menjadi berita utama, tetapi cemoohan publiknya terhadap para jenderal top Rusia mungkin sama pentingnya di Rusia di mana kritik publik terhadap upaya perang dari dalam eselon atas elite adalah hal tabu.

“Nepotisme di ketentaraan tidak akan membawa kebaikan,” kata Kadyrov, seraya menambahkan bahwa komandan pasukan Rusia di daerah itu harus dilucuti medalinya dan dikirim ke garis depan dengan senjata untuk menghapus rasa malunya dengan darah.

Penghinaan publik semacam itu terhadap para jenderal yang menjalankan perang Rusia adalah signifikan, karena ini menunjukkan tingkat frustrasi di kalangan elite Putin atas pelaksanaan perang, sementara juga menusuk narasi yang dikontrol dengan cermat oleh Kremlin.

Kadyrov, yang mendukung perang dan telah mengirim banyak unit Chechnya sendiri untuk berperang, mengatakan kritiknya adalah kebenaran pahit tentang pasukan tempur Rusia yang katanya membiarkan orang biasa-biasa saja yang tidak berbakat mengecewakan negara.

Kementerian pertahanan tidak menanggapi permintaan komentar. Para pejabat Rusia mengatakan sejarah perang Rusia menunjukkan bahwa pertempuran seringkali dimulai dengan buruk sampai militer dapat diatur dengan baik. Menghapus Rusia, kata mereka, adalah taruhan yang buruk.

Ditanya tentang pernyataan Kadyrov pada hari Senin, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan: "Ini adalah momen yang sangat emosional."

“Kepala daerah memiliki hak untuk mengekspresikan pandangan mereka,” kata Peskov kepada wartawan. "Bahkan pada saat-saat sulit, emosi tetap harus dikeluarkan dari penilaian apa pun."

Kemunduran Pasukan Rusia

Lebih dari tujuh bulan dalam perang yang telah menewaskan puluhan ribu dan memicu konfrontasi terbesar dengan Barat sejak Krisis Rudal Kuba 1962, bahkan tujuan perang paling mendasar Rusia masih jauh dari tercapai.

Pasukan besar dari bekas negara adidaya telah ditundukkan di medan pertempuran oleh pasukan Ukraina yang jauh lebih kecil yang didukung dengan senjata, intelijen, dan saran dari kekuatan Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat.

Dalam kemunduran baru untuk Moskow pada hari Senin (3/9), seorang pejabat Rusia mengkonfirmasi kemajuan Ukraina di sepanjang tepi barat Sungai Dnipro di wilayah Kherson di Ukraina selatan, satu dari empat wilayah yang diklaim Putin pekan lalu telah dicaplok.

Kekalahan di Ukraina dapat melemahkan Putin, kata Tatiana Stanovaya, sarjana non-residen di Carnegie Endowment for International Peace. “Hingga September, elite Rusia telah membuat pilihan pragmatis untuk mendukung Putin sebagai penjamin kekalahan,” kata Stanovaya.

“Tetapi masalah telah berkembang sejauh ini sehingga mereka sekarang mungkin harus memilih di antara berbagai skenario kekalahan. Itu membuat Putin jauh lebih rentan, karena dia mungkin menemukan bahwa dia dan para elite menyelesaikan skenario yang berbeda.”

Putin menuduh Barat mencoba menggunakan Ukraina untuk menghancurkan Rusia sendiri tetapi mengatakan bahwa Moskow akan menang dalam “operasi militer khusus” di sana.

Dalam sebuah wawancara emosional dengan pembawa acara radio pro Kremlin pada hari Sabtu, Andrey Gurulyov, seorang pensiunan jenderal dan anggota Duma Negara dari Partai Rusia Bersatu yang dipimpin Putin mengatakan dia tidak dapat menjelaskan jatuhnya Lyman. Dia kemudian mengatakan pasukan yang mempertahankan kota telah dikutuk oleh "sistem ... kebohongan terus-menerus" yang melihat masalah di dalam militer Rusia ditutup-tutupi oleh atasan.

"Saya benar-benar ingin kita menyerang Kiev dan merebutnya besok, tetapi saya sadar bahwa mobilisasi parsial akan memakan waktu," kata presenter Vladimir Solovyov di televisi pemerintah Rossiya 1. “Untuk jangka waktu tertentu, segalanya tidak akan mudah bagi kami. Kita seharusnya tidak mengharapkan kabar baik sekarang.”

Komentar Pendiri Tentara Bayaran Wagner

Kadyrov dari Chechnya mengatakan dia telah meningkatkan kemungkinan kekalahan di Lyman dua pekan lalu dengan Valery Gerasimov, kepala staf umum Rusia, tetapi Gerasimov telah menolak gagasan itu.

Gerasimov, 67 tahun, adalah orang terkuat ketiga di militer Rusia setelah Putin dan Menteri Pertahanan, Sergei Shoigu. Shoigu menempatkan Gerasimov sebagai pejabat militer tertinggi hanya beberapa hari setelah dia diangkat menjadi menteri pertahanan pada tahun 2012.

“Saya tidak tahu apa yang dilaporkan kementerian pertahanan kepada panglima tertinggi (Putin), tetapi menurut pendapat pribadi saya, tindakan yang lebih drastis harus diambil,” kata Kadyrov, yang menitikkan air mata atas korban tewas dalam sebuah upacara di Kremlin pekan lalu di mana Rusia secara resmi mencaplok empat wilayah Ukraina.

Ditanya tentang pernyataan Kadyrov, pendiri kuat kelompok tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin, memberi selamat kepada pemimpin Chechnya. "Ramzan, kamu pria keras!" Prigozhin, yang dikenal sebagai koki Putin karena kontrak katering Kremlin ke perusahaannya, mengatakan dalam sebuah pernyataan. "Semua bajingan ini harus dikirim tanpa alas kaki ke depan dengan senjata otomatis."

Ketika ditanya apakah kata-katanya harus dianggap sebagai kritik terhadap kementerian pertahanan, Prigozhin menjawab dengan ironi: "Tuhan melarang."

“Pernyataan-pernyataan ini bukan kritik, tetapi hanya manifestasi cinta dan dukungan,” kata Prigozhin, yang menurut Amerika Serikat menjalankan tentara bayaran yang telah berkecimpung dalam konflik di Afrika dan di Suriah.

“Saya, dan Ramzan Akhmatovich terlebih lagi, adalah orang yang paling berbudaya,” kata Prigozhin, menggunakan patronimik Kadyrov sebagai tanda penghormatan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home