Loading...
INDONESIA
Penulis: Octavia Putri 09:29 WIB | Jumat, 21 Mei 2021

Kenali Emosi, Hidup Bukan Hanya Sedih atau Senang Saja Loh!

Ekspresi emosi. (Foto: ericdetermined)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Ketika orang bertanya ke orang lain tentang perasaan, seperti apa yang sedang kita rasakan? Kebanyak orang, akan menjawab sedih atau senang. Padahal emosi dasar manusia bukan hanya dua perasaan itu saja.

Ada enam emosi dasar/basic emotion manusia, yaitu: senang, sedih, jijik, takut, terkejut, dan marah. Nah dari ke-6 emosi itu, ada emosi sekunder yaitu gabungan dari dua atau lebih emosi dasar. Untuk melihat atau memahami emosi, biasanya dapat dipahami melalui bahasa verbal maupun bahasa non verbal. Contoh, bahasa verbal adalah ucapan dan nada bicara. Sementara bahasa nonverbal seperti ekspresi wajah atau gerakan anggota tubuh lainnya.

Untuk memahami emosi, ditemukan “Emotion Chart” oleh Robert Plutchik. Ia menemukan diagram tersebut. Selain emosi dasar, ada juga emosi sekunder, bahkan hingga emosi tersier. Sebagai contoh kombinasinya, cinta merupakan penggabungan perasaan bahagia dan percaya. Atau tentang perasaan iri, yaitu gabungan perasaan sedih dan marah. Selain itu, ada juga emosi-emosi yang bertolak belakang membuat kombinasi perasaan, seperti perasaan bingung yaitu terkejut dan antisipasi atau perasaan sedih/senang tergantung situasi yang sedang dihadapi.

Lihat chart-nya berikut:

(Foto: optimistminds.com)

Selain Plutchik, ada seorang psikiater bernama Gloria Willcox dari Gottman Institute, membahas tentang “Feeling Wheels”. Hampir sama dengan Robert Plutchik, hanya saja menurut Gloria Willcox, perasaan itu berwarna. Kemudian perasaan dan emosi itu hal yang berbeda. Berikut wheels menurut Gloria Willcox.

(Foto: gottman.com)

 

Bagaimana menurut Anda? Apakah menurut Anda perasaan dan emosi hal yang berbeda?

Jawabannya adalah iya.


 

Octavia Putri, MPsi, Psikolog

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home