Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 08:39 WIB | Sabtu, 06 November 2021

Kentang Terbesar Di Dunia dari Kebun Petani Selandia Baru

Donna Craig-Brown memegang kentang besar yang digali dari kebunnya di rumahnya dekat Hamilton, Selandia Baru, hari Rabu, 3 November 2021. Sepasang suami istri Selandia Baru menggali kentang seukuran anjing kecil di halaman belakang mereka dan telah mengajukan permohonan pengakuan dari Guinness World Records. Mereka mengatakan beratnya 7,9 kilogram (17 pon), jauh di atas rekor saat ini yang hanya di bawah lima Kg. Mereka menamai kentang itu Doug, karena mereka menggalinya. (Foto-foto: Colin Craig-Brown via AP)

WELLINGTON, SATUHARAPAN.COM-Colin dan Donna Craig-Brown sedang menyiangi kebun mereka di Selandia Baru ketika cangkul Colin mengenai sesuatu yang besar tepat di bawah permukaan tanah.

Saat pasangan itu berlutut dan mulai menggali di sekitar benda itu, Colin bertanya-tanya apakah itu semacam jamur yang aneh, seperti bola besar. Setelah Colin mencabutnya dengan garpu kebunnya, dia menggaruk sedikit kulitnya dan mencicipinya. “Kentang!”.

"Kami tidak bisa mempercayainya," kata Donna. “Itu sungguh besar.” Dan tidak terlalu cantik. Donna menggambarkan penampilannya sebagai penampilan mutan yang jelek.

Tapi itu sangat mungkin kentang terbesar yang pernah ada. Ketika pasangan itu membawanya ke garasi mereka dan meletakkannya di timbangan lama mereka, beratnya luar biasa 7,9 kilogram (17,4 pon). Itu sama dengan satu kantong kentang biasa.

Dalam pekan-pekan sejak penemuan mereka yang tidak biasa pada 30 Agustus, kentang dari pasangan itu telah menjadi semacam selebriti di sekitar pertanian kecil mereka di dekat Hamilton. Mereka menamai kentang itu Doug, setelah digali, dan Colin bahkan membangun kereta kecil untuk menarik Doug.

“Kami mengenakan topi padanya. Kami memasangnya di Facebook, mengajaknya jalan-jalan, memberinya sinar matahari,” kata Colin. “Semuanya sedikit menyenangkan. Sungguh menakjubkan apa yang menghibur orang.”

Penimbangan yang lebih resmi di toko pertanian lokal menempatkan Doug pada catatan berat 7,8 Kg. Catatan Guinness World Records untuk kentang terberat adalah monster 2011 dari Inggris yang beratnya hanya di bawah lima kilogram. Pasangan itu mengatakan mereka telah mengajukan permohonan ke Guinness agar Doug diakui dan sedang menunggu untuk mendengar kabar.

Guinness mengatakan tidak dapat membagikan informasi tentang aplikasi tersebut dan bahwa kentang Inggris tetap menjadi pemegang rekor, setidaknya untuk saat ini.

Colin mengatakan dia tidak memiliki tips berkebun rahasia. Biasanya mereka membuang seikat kotoran sapi dan jerami ke kebun mereka dan melihat apa yang terjadi. Dia mengatakan mereka telah menanam mentimun di area kebun mereka sebelum gulma mengambil alih dan tidak menanam kentang. Doug pasti ditanam sendiri, dan sangat mungkin tumbuh selama beberapa tahun atau lebih.

“Ini misteri bagi saya,” kata Colin. “Ini salah satu kejutan kecil yang menyenangkan dari alam.”

Tetapi Doug belum membuktikan tanggung jawab yang mudah untuk dijaga. Saat pasangan itu memamerkan kentangnya, kentang itu mulai mengering dan kehilangan berat badan. Jamur mulai tumbuh dari lukanya.

"Dia menjadi agak pongy," kata Colin, mengacu pada bau kentang. Jadi Colin membersihkan Doug sebaik mungkin dan memasukkan kentang itu ke dalam freezer, di tempat yang tersisa.

Tapi Colin mungkin belum selesai dengan Doug. Seorang pembuat bir amatir, Colin mengatakan dia ingin mengubah Doug menjadi setetes vodka kentang yang enak. (AP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home