Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:37 WIB | Minggu, 21 November 2021

Kepala BNPB Kunjungi Lokasi Banjir di Sintang

Kepala BNPB Mayjen TNI Suharyanto (kemeja putih mengenakan rompi) saat naik ke pesawat caravan BNPB hendak melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Sabtu (20/11). (Foto: Komunikasi Kebencanaan BNPB/Danung Arifin)

KABUPATEN SINTANG, SATUHARAPAN.COM-Kepala BNPB, Mayjen TNI Suharyanto, meminta seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Sintang agar mempersiapkan rencana jangka pendek dan jangka panjang mengatasi banjir di wilayah itu yang sudah berlangsung beberapa pekan.

Adapun rencana jangka pendek adalah penanganan darurat harus dapat dilaksanakan sesuai marwah Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, katanya ketika berkunjung ke Sintang, hari Sabtu (20/11) tiga hari setelah dilantik.

Suharyanto meminta agar pemerintah daerah memastikan kebutuhan seperti kebutuhan dasar logistik maupun peralatan bagi warga terdampak sudah tercukupi. Sebab, keselamatan masyarakat adalah prioritas yang utama dalam penanggulangan bencana. “Kita mengenal slogan bahwa hukum tertinggi adalah keselamatan masyarakat,” kata Suharyanto.

Mengenai rencana jangka panjang, dia meminta agar seluruh komponen yang ada di daerah dapat merumuskan kebijakan dan melaksanakan segala upaya untuk pemulihan kondisi lingkungan di wilayah hulu agar dapat kembali berfungsi sebagaimana mestinya.

Menurut catatan BNPB, bahwa sejak 1990 hingga 2010 tidak ada banjir di wilayah Sintang. Namun hal itu berubah setelah terjadi kerusakan lingkungan dalam satu dekade terakhir. Penurunan daya dukung lingkungan tersebut juga yang kemudian menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya banjir, karena daerah cakupan resapan air telah rusak dan berubah fungsi.

“Kami memohon kerja sama pemerintah Kabupaten Sintang, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan nanti bersama-sama BNPB merumuskan dan melaksanakan segala upaya untuk mencegah agar banjir seperti ini tidak terjadi lagi di kemudian hari,” kata Suharyanto.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home