Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:50 WIB | Rabu, 02 November 2022

Kepala Polisi Korsel Akui Gagal Cegah Tragedi Yang Tewaskan 156 Orang

Tragedi itu terjadi akibat desak-desakan di sebuah gang kecil di Itaewon, Seoul hari Sabtu.
Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol, kanan, tiba untuk memberikan penghormatan kepada para korban kecelakaan maut setelah perayaan Halloween hari Sabtu malam di sebuah jalan dekat tempat kejadian di Seoul, Korea Selatan, Selasa, 1 November 2022. (Foto: AP/Ahn Young -joon)

SEOUL, SATUHAAPAN.COM-Kepala polisi Korea Selatan mengakui "tanggung jawab berat" karena gagal mencegah lonjakan massa baru-baru ini yang menewaskan lebih dari 150 orang selama perayaan Halloween di Seoul, dengan mengatakan bahwa petugas tidak secara efektif menangani panggilan darurat sebelumnya tentang bencana yang akan datang.

Pengakuan hari Selasa (1/11) itu datang ketika pemerintah Korea Selatan menghadapi pengawasan publik yang meningkat mengenai apakah kerumunan yang melonjak pada hari Sabtu malam di distrik Itaewon Seoul. Itu adalah lingkungan kehidupan malam yang populer, dan kekacauan iru sebenarnya dapat dicegah dan polisi mengaku harus bertanggung jawab atas bencana yang merupakan terburuk negara itu selama bertahun-tahun.

“Saya merasakan bertanggung jawab yang berat (atas bencana) sebagai kepala salah satu kantor pemerintah terkait,” kata Yoon Hee Keun, komisaris jenderal Badan Kepolisian Nasional Korea, pada konferensi pers yang disiarkan televisi. "Polisi akan melakukan yang terbaik untuk mencegah tragedi seperti ini terjadi lagi."

Yoon mengatakan penyelidikan awal telah menemukan bahwa ada banyak panggilan mendesak oleh warga yang memberi tahu pihak berwenang tentang potensi bahaya berkumpulnya orang banyak di Itaewon, tetapi petugas yang telah menerima panggilan itu tidak menanggapi mereka dengan cara yang memuaskan.

Yoon mengatakan polisi kemudian meluncurkan penyelidikan internal yang intens untuk melihat lebih dalam penanganan petugas terhadap panggilan darurat dan masalah lain seperti respons langsung mereka terhadap lonjakan massa di Itaewon pada malam itu.

137 Polisi Bertugas di Kerumunan 100.000 Orang

Bencana - yang menewaskan sedikitnya 156 orang dan 151 lainnya terluka, terkonsentrasi di gang sempit yang menurun di Itaewon. Saksi mata menggambarkan orang-orang jatuh satu sama lain, menderita kesulitan bernapas yang parah dan jatuh pingsan.

Mereka juga mengingat penyelamat dan ambulans gagal mencapai gang-gang yang penuh sesak tepat waktu karena seluruh area Itaewon sangat penuh dengan kendaraan yang bergerak lambat dan kerumunan pengunjung pesta yang mengenakan kostum Halloween.

Setelah bencana, polisi meluncurkan gugus tugas beranggotakan 475 orang untuk menemukan penyebabnya.

Petugas polisi senior Nam Gu-Jun mengatakan kepada wartawan pada hari Senin bahwa petugas telah memperoleh video yang diambil oleh sekitar 50 kamera keamanan di daerah tersebut dan sedang menganalisis klip video yang diposting di media sosial. Nam mengatakan polisi juga telah mewawancarai lebih dari 40 saksi dan korban sejauh ini.

Polisi mengatakan mereka telah mengirim 137 petugas untuk menjaga ketertiban selama perayaan Halloween pada hari Sabtu, lebih banyak dari 34-90 petugas yang dikerahkan pada 2017, 2018 dan 2019 sebelum pandemi. Namun beberapa pengamat mempertanyakan apakah 137 petugas itu cukup untuk menangani sekitar 100.000 orang yang berkumpul hari Sabtu di Itaewon.

Menambahkan lebih banyak pertanyaan tentang peran polisi adalah fakta bahwa mereka mengirim 7.000 petugas ke bagian lain Seoul pada hari Sabtu pagi untuk memantau protes duel yang melibatkan puluhan ribu orang. Polisi juga mengakui bahwa 137 petugas yang dikirim ke Itaewon terutama ditugaskan untuk memantau kejahatan, dengan fokus khusus pada penggunaan narkotika, bukan pengendalian massa.

Beberapa Korban dalam Kondisi Serius

Jumlah korban tewas dapat meningkat karena para pejabat mengatakan bahwa 29 orang yang terluka berada dalam kondisi serius. Korban tewas termasuk sekitar 26 warga negara asing dari Iran, China, Rusia, Amerika Serikat, Jepang dan tempat lain.

Daerah Itaewon, yang terkenal dengan suasana kosmopolitannya yang ramah ekspatriat, adalah tempat terpanas di negara ini untuk acara dan pesta bertema Halloween, dengan anak muda Korea Selatan ikut serta dalam kompetisi kostum di bar, klub, dan restoran. Pertemuan hari Sabtu yang diperkirakan 100.000 orang di Itaewon adalah perayaan Halloween terbesar di daerah itu sejak pandemi dimulai.

Perayaan Halloween di Itaewon tidak memiliki penyelenggara resmi. Polisi Korea Selatan mengatakan pada hari Senin bahwa mereka tidak memiliki prosedur khusus untuk menangani insiden seperti lonjakan massa selama acara yang tidak memiliki penyelenggara. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home