Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 12:01 WIB | Senin, 25 Juli 2022

Kepala Staf Gabungan AS Kunjungi Indonesia: Militer China Makin Agresif di Indo-Pasifik

Kepala Staf Gabungan AS Kunjungi Indonesia: Militer China Makin Agresif di Indo-Pasifik
Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Mark Milley, kiri, berjabat tangan dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dalam pertemuan mereka di markas militer Indonesia di Jakarta, Indonesia, Minggu, 24 Juli 2022. (Foto-foto: AP/Achmad Ibrahim)
Kepala Staf Gabungan AS Kunjungi Indonesia: Militer China Makin Agresif di Indo-Pasifik
Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Mark Milley, kiri, berjabat tangan dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.
Kepala Staf Gabungan AS Kunjungi Indonesia: Militer China Makin Agresif di Indo-Pasifik
Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Mark Milley, kanan, berjalan dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, tengah dan istri Perkasa Diah Erwiany selama pertemuan mereka di markas militer Indonesia di Jakarta, Indonesia, Minggu, 24 Juli 2022.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Militer China secara signifikan menjadi lebih agresif dan berbahaya selama lima tahun terakhir, kata perwira tinggi militer Amerika Serikat selama perjalanan ke Indo-Pasifik yang termasuk singgah di Indonesia pada hari Minggu (24/7).

Jenderal AS Mark Milley, ketua Kepala Staf Gabungan, mengatakan jumlah penyadapan oleh pesawat dan kapal China di kawasan Pasifik dengan AS dan pasukan mitra lainnya telah meningkat secara signifikan selama waktu itu, dan jumlah interaksi yang tidak aman telah meningkat sebesar proporsi serupa.

“Pesannya adalah militer China, di udara dan di laut, telah menjadi jauh lebih agresif dan terasa lebih agresif di wilayah tertentu ini,” kata Milley, yang baru-baru ini meminta stafnya untuk mengumpulkan rincian tentang interaksi antara China dan AS dan lainnya di wilayah itu.

Komentarnya muncul ketika AS menggandakan upaya untuk memperkuat hubungannya dengan negara-negara Pasifik sebagai penyeimbang terhadap China, yang mencoba memperluas kehadiran dan pengaruhnya di kawasan itu. Pemerintahan Biden menganggap China sebagai “ancaman mondar-mandir” dan tantangan keamanan jangka panjang utama Amerika.

Perjalanan Milley ke wilayah tersebut sangat terfokus pada ancaman China. Dia akan menghadiri pertemuan kepala pertahanan Indo-Pasifik pekan mendatang di Australia, di mana topik utamanya adalah pertumbuhan militer China yang meningkat dan kebutuhan untuk mempertahankan Pasifik yang bebas, terbuka, dan damai.

Kemungkinan China Serang Taiwan

Para pejabat militer AS juga telah memperingatkan tentang kemungkinan bahwa China dapat menyerang Taiwan, pulau demokratis yang memiliki pemerintahan sendiri yang dipandang Beijing sebagai provinsi yang memisahkan diri. China telah meningkatkan provokasi militernya terhadap Taiwan karena tampaknya akan mengintimidasi Taiwan untuk bersatu dengan daratan komunis.

Pejabat militer AS mengatakan Beijing ingin siap untuk bergerak di pulau itu pada tahun 2027. AS tetap menjadi sekutu utama Taiwan dan pemasok senjata pertahanan. Undang-undang AS mengharuskan pemerintah untuk memperlakukan semua ancaman terhadap pulau itu sebagai masalah “keprihatinan serius,” tetapi tetap ambigu apakah militer AS akan membela Taiwan jika diserang oleh China.

Kepala staf gabungan China, Jenderal Li Zuocheng, mengatakan kepada Milley dalam pembicaraan telepon awal bulan ini bahwa Beijing “tidak memiliki ruang untuk kompromi” pada isu-isu seperti Taiwan. Dia mengatakan dia memberi tahu Milley bahwa AS harus “menghentikan kolusi militer AS-Taiwan dan menghindari dampak China-AS. hubungan dan stabilitas di Selat Taiwan.”

Pangkalan Angkatan Laut di Pasifik

AS dan lainnya juga khawatir bahwa perjanjian keamanan baru-baru ini yang ditandatangani Beijing pada bulan April dengan Kepulauan Solomon dapat mengarah pada pembentukan pangkalan angkatan laut China di Pasifik Selatan. AS dan Australia telah memberi tahu Kepulauan Solomon bahwa menjadi tuan rumah pangkalan militer China tidak akan ditoleransi.

“Ini adalah area di mana China mencoba melakukan penjangkauan untuk tujuan mereka sendiri. Dan sekali lagi, ini mengkhawatirkan, karena China tidak melakukannya hanya untuk alasan yang tidak berbahaya,” kata Milley kepada wartawan yang bepergian bersamanya. “Mereka mencoba memperluas pengaruh mereka di seluruh wilayah. Dan itu memiliki konsekuensi potensial yang tidak selalu menguntungkan bagi sekutu dan mitra kami di kawasan ini.”

Kunjungan ke Indonesia

Kunjungan Milley ke Indonesia adalah yang pertama oleh ketua gabungan AS sejak Laksamana Mike Mullen menjabat pada tahun 2008. Tetapi para pemimpin AS telah singgah di Asia-Pasifik dalam beberapa bulan terakhir, termasuk kunjungan penting oleh Menteri Pertahanan Lloyd Austin dan Menteri Luar Negeri, Antony Blinken.

Pemerintahan Biden telah mengambil langkah-langkah untuk memperluas hubungan militer dan keamanannya dengan negara-negara Indo-Pasifik sebagai bagian dari kampanye untuk membangun jaringan aliansi yang lebih kuat di halaman belakang China dan melawan pengaruh China yang semakin besar.

Milley menolak untuk memberikan jumlah tertentu dari interaksi China yang tidak aman dengan pesawat dan kapal AS dan sekutu. Tetapi Austin, dalam pidatonya di Singapura bulan lalu, merujuk pada “peningkatan yang mengkhawatirkan” dalam jumlah penyadapan yang tidak aman oleh pesawat dan kapal Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China.

Austin secara khusus menunjuk pada insiden Februari di mana sebuah kapal angkatan laut PLA mengarahkan laser ke pesawat patroli maritim P-8 Australia. Tapi ada beberapa orang lain. Sebuah pesawat pengintai yang dikendalikan oleh Kanada baru-baru ini dicegat oleh seorang pejuang China di wilayah udara internasional. Juga, kapal-kapal AS secara rutin dihadang oleh pesawat dan kapal China selama transit, terutama di sekitar pulau-pulau buatan yang diklaim oleh Beijing di Laut China Selatan.

Milley mengatakan ada penyadapan oleh China terhadap Jepang, Kanada, Australia, Filipina dan Vietnam. Mereka semua, katanya, telah melihat peningkatan “signifikan secara statistik” dalam penyadapan, dan jumlah insiden yang tidak aman telah meningkat dengan “proporsi yang sama.”

Milley bertemu pada hari Minggu (24/7) dengan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa. Dia mengatakan, negara-negara Pasifik seperti Indonesia menginginkan militer AS terlibat di kawasan itu.

“Kami ingin bekerja dengan mereka untuk mengembangkan interoperabilitas dan memodernisasi militer kami secara kolektif,” kata Milley, untuk memastikan mereka dapat “memenuhi tantangan apa pun yang dihadapi China.”

Dia mengatakan Indonesia secara strategis sangat penting bagi kawasan ini, dan telah lama menjadi mitra utama AS.

Milley, yang menghabiskan sore hari di markas militer bersama Andika, disambut dengan papan reklame besar bertuliskan foto dan namanya, parade militer, dan layar televisi besar yang menampilkan video kariernya.

Di akhir kunjungan, Andika mengatakan kepada wartawan bahwa Indonesia menilai China lebih tegas dan “sedikit agresif” dengan kapal angkatan laut sehubungan dengan sengketa wilayah dengan negaranya.

Awal tahun ini, AS menyetujui penjualan jet tempur canggih senilai US$13,9 miliar ke Indonesia. Dan di Jakarta Desember lalu, Blinken menandatangani perjanjian untuk meningkatkan latihan angkatan laut bersama antara AS dan Indonesia.

China telah mengutuk upaya AS untuk memperluas jangkauannya di kawasan itu, menuduh Amerika mencoba membangun “NATO Asia.” Dalam pidatonya di Singapura, Austin menolak klaim itu. “Kami tidak mencari Perang Dingin baru, NATO Asia atau wilayah yang terpecah menjadi blok-blok musuh,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home