Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 22:06 WIB | Kamis, 06 Juni 2013

Kepercayaan Rakyat pada Penyelenggara Negara Merosot

Siswono Yudo Husodo (foto: dpr.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Banyaknya korupsi yang melibatkan penyelenggara negara sekarang ini membuat tingkat kepercayaan rakyat terhadap lembaga negara merosot pada tingkat terendah. Demikian menurut Siwono Yudo Husodo dalam acara Temu Kangen Mantan Pengurus dan Aktivis Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Periode 1986-1997 di Gedung Sinar Kasih Jakarta pada hari Kamis (6/6).

“Sebagai anggota DPR saya merasa terpukul bahwa pada waktu ini kepercayaan rakyat pada Lembaga Negara sudah merosot pada titik yang mengkhawatirkan.”

Selanjutnya menurut mantan Menteri Perumahan Rakyat dan Menteri Transmigrasi era Orde Baru, selama rentang waktu dari tahun 2005 hingga 2013 kasus korupsi yang melibatkan penyelenggara negara menurut catatan Siswono Yudo Husodo ada lebih dari 1.695 kasus. Hal ini menambah buruk penilaian rakyat terhadap para penyelenggara negara.

"Selama 2005-2013 ada 295 Gubernur Bupati Walikota tersandung perkara korupsi, 1.000 lebih PNS terkait korupsi, dan 400 lebih anggota DPR RI, DPRD Propinsi Kabupaten Kota terkait korupsi, " ungkap dia.

Apalagi berdasar pengamatannya koruptor sekarang ini sangat percara diri dan tidak punya malu. Dan mereka selalu menyangkal bersalah atas apa yang dituduhkan kepadanya. “Seorang koruptor di Indonesia saat divonis bisa tertawa, melambaikan tangan dan disorot tivi. Lebih luar biasa lagi, diberi panggung oleh televisi untuk berdebat bahwa dia tidak bersalah."

 

Editor : Yan Chrisna


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home