Loading...
HAM
Penulis: Prasasta Widiadi 14:26 WIB | Selasa, 06 September 2016

Kepolisian Spanyol Selamatkan Imigran di Bagasi

Ilustrasi: Seorang polisi berjaga saat belasan sopir truk berkumpul memarkir kendaraannya di Loon Plage, 5 September 2016, sebelum mengadakan protes dengan menyetir lambat di jalan tol A16 untuk menuntut pembongkaran kamp imigran yang disebut "Jungle" di kota pelabuhan utara Calais. (Foto: AFP/ Philippe Huguen)

MADRID, SATUHARAPAN.COM – Kepolisian Spanyol menyelamatkan empat imigran Afrika yang ditemukan di dalam bagasi minivan  di pos perbatasan dari Maroko menuju Spanyol dan menangkap sang pengemudi mobil, menurut keterangan aparat, Senin (5/9).

Para imigran tersebut terdiri dari seorang perempuan Kongo dan tiga pria asal Guinea.

Mereka ditemukan pekan lalu saat aparat kepolisian mulai curiga dan menggeledah mobil di pos perbatasan dari Maroko ke daerah kantor Spanyol Melilla.

Para imigran tersebut berdesak-desakkan di bagasi tanpa ventilasi di bawah kursi depan mobil, menurut keterangan kepolisian.

Petugas pemadam kebakaran terpaksa menggunakan gergaji listrik dan sejumlah peralatan lain untuk membebaskan para imigran yang membutuhkan pertolongan medis dan dalam kondisi fisik yang amat memprihatinkan.

Kepolisian mengatakan keempat imigran, yang berusia antara 21 hingga 27 tahun, kini dalam kondisi sehat.

Selain Spanyol, negara lain yang menghadapi masalah dengan imigran yakni Italia, penjaga pantai  negara tersebut mengungkapkan hari Kamis (1/9) menyelamatkan 1.725 imigran, sehingga jumlah total imigran yang diselamatkan negara tersebut mencapai sekitar 14 ribu jiwa.

Jumlah pengungsi di Italia kian membengkak pasalnya sejumlah negara lain di Eropa memperketat perbatasan mereka dan mempersulit imigran menyeberang untuk mencari suaka di Eropa Utara.

Menurut laporan Kementerian Dalam Negeri, Italia kini menampung 148 ribu pencari suaka yang ditampung di sejumlah pusat penerimaan imigran sementara pada 2015 terdapat 103 ribu pencari suaka dan 66 ribu jiwa pada 2014. (Ant/AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home