Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 11:41 WIB | Jumat, 14 Oktober 2022

Kereta Cepat Jakarta Bandung Mulai Beroperasi Juni 2023

Presiden Joko Widodo meninjau progres pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Barat, pada Kamis, 13 Oktober 2022. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM-Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan beroperasi mulai Juni 2023. “Peluncuran nanti untuk operasional insyaallah kurang lebih di bulan Juni tahun 2023,”kata Presiden Joko Widodo.

Jokowi meninjau progres pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Barat, pada Kamis, 13 Oktober 2022. Dalam keterangannya, dia berharap proyek KCJB yang telah mencapai 88,8 persen tersebut dapat meningkatkan mobilitas, daya saing, hingga munculnya pertumbuhan ekonomi baru.

“Kita harapkan dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini, mobilitas orang dan barang bisa menjadi cepat dan meningkat. Kemudian daya saing kita juga akan makin kuat, kemudian ada titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, di Jakarta ada, di Bandung ada, kemudian di Kabupaten Bandung juga terjadi,” kata Jokowi dalam keterangannya usai peninjauan di Stasiun Tegalluar, Kawasan Infrastruktur PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC), Kabupaten Bandung.

Presiden juga berharap proyek KCJB, yang merupakan kereta cepat pertama di ASEAN tersebut, dapat meningkatkan konektivitas antar negara di ASEAN. Menurut Presiden, rencana tersebut sudah masuk ke dalam rencana besar ASEAN dalam rangka meningkatkan daya saing di kawasan.

“Itu sudah menjadi gagasan besar di ASEAN agar konektivitas antar negara ASEAN ini tersambungkan secepat-cepatnya dalam rangka daya saing ASEAN,” ungkapnya.

Jokowi juga menegaskan bahwa proyek KCJB ini merupakan kerja sama antara pemerintah Indonesia dan pemerintah China. Meskipun sempat mengalami kendala dalam pembangunan beberapa terowongan, namun Presiden menargetkan proyek tersebut akan mulai beroperasi pada Juni mendatang.

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Bupati Bandung, Dadang Supriatna, Direktur Utama PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, serta Duta Besar China untuk Indonesia, Lu Kang.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home