Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 07:05 WIB | Rabu, 22 April 2015

Kereta Jepang Catat Rekor Dunia Tercepat Baru

Kereta maglev mencatat rekor dunia kecepatan baru, 603 km per jam, diharapkan memangkas jarak tempuh Tokyo-Osaka hingga setengahnya. (Foto: inhabitat.com)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Kereta cepat berteknologi magnet di Jepang yang disebut Maglev, atau "magnetic levitation", memecahkan rekor dunia yang pernah diciptakan sebelumnya dalam hal kecepatan. Kereta maglev Jepang itu melaju dengan kecepatan 603 kilometer per jam.

Jawatan Kereta Api Jepang (Central Japan Railways), seperti diberitakan voaindonesia.com, menyatakan kereta maglev itu sempat melaju dengan kecepatan di atas 600 kilometer per jam dalam uji coba hari Selasa (21/4), pada jalur kereta api percobaan sepanjang 42,8 kilometer di Provinsi Yamanashi di sebelah barat Tokyo.

Rekor dunia sebelumnya, menurut nhk.or.jp, adalah 590 kilometer per jam yang dipecahkan oleh kereta yang sama dalam uji coba sebelumnya. 

Kereta tersebut, seperti dilaporkan voaindonesia.com, dapat mencapai kecepatan setinggi itu karena adanya magnet kuat yang memungkinkannya mengapung beberapa sentimeter di atas jalur, sehingga menghindari terjadinya friksi. Magnet bermuatan listrik itu juga membantu mendorong pergerakan kereta.

Central Japan Railways berharap teknologi maglev bisa digunakan menjelang tahun 2045 untuk memangkas waktu tempuh hingga setengahnya antara Tokyo dan Osaka menjadi hanya sedikit di atas satu jam. Rute yang lebih pendek, antara Tokyo dan Nagoya, menurut nhk.or.jp, diperkirakan akan dibuka pada 2027.

Para pejabat mengatakan, uji coba hari Selasa itu dimaksudkan untuk menetapkan batas kemampuan teknologi itu, namun menegaskan mereka berharap kecepatan pada operasi sesungguhnya adalah sekitar 500 kilometer per jam.

PM Jepang Shinzo Abe telah mempromosikan teknologi itu untuk kemungkinan dijual ke negara-negara lain, termasuk Amerika. Gedung Putih, seperti diberitakan voaindonesia.com, telah menginvestasikan miliaran dolar dalam menggarap proyek ambisius kereta api cepat yang saat ini masih dalam tahap awal.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home