Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:34 WIB | Kamis, 13 Desember 2018

Kereta Shinkansen Generasi Mendatang Diperlihatkan

Ilustrasi. Desain akhir dari kereta peluru yang dinamai Alfa-X . merupakan kereta Shinkansen generasi mendatang di Jepang. (Foto: digitaltrends.com)

JEPANG, SATUHARAPAN.COM – Perusahaan kereta api Jepang, memperlihatkan kepada media uji coba gerbong dari kereta peluru Shinkansennya yang baru, yang kini tengah dikembangkan.

Perusahaan Kereta Api Jepang Timur tengah mengembangkan kereta uji coba tipe E956 yang diberi nama panggilan ALFA-X.

Gerbong pertamanya diperlihatkan kepada media pada Rabu (12/12) di sebuah pabrik Kawasaki Heavy Industries di Provinsi Hyogo.

Moncong kereta tersebut, memiliki panjang 16 meter yang sedikit lebih panjang dibanding jenis kereta Shinkansen lainnya. Kereta ini dirancang untuk mengurangi hambatan udara dan bising ketika memasuki terowongan.

Perusahaan Kereta Jepang Timur menargetkan untuk meningkatkan kecepatan maksimum kereta baru tersebut menjadi 360 kilometer per jam, 40 kilometer lebih cepat dibanding kereta Shinkansen Tohoku seri E5.

Perusahaan ini tengah mengembangkan uji gerbong lainnya yang memiliki moncong yang lebih panjang lagi. Kedua gerbong tersebut akan rampung pada Mei mendatang.

Uji coba lebih lanjut akan dijalankan untuk memeriksa kecepatan, suara bising, dan kenyamanan berkendara sebelum sebuah kereta baru mulai beroperasi pada tahun fiskal 2030 ketika jalur Shinkansen Hokkaido diperpanjang hingga Kota Sapporo di Hokkaido, Jepang utara. (nhk.or.jp)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home