Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta 00:00 WIB | Kamis, 28 Maret 2013

Kereta Super Cepat Jepang

TOKYO--Banyak orang yang senang melihat perkembangan kereta api di Jepang, salah satunya pada saat peluncuran Shinkansen Seri E6, atau kini dikenal dengan Super Komachi.
Orang-orang membeli tiket dan berjejal-jejal memadati platform 22 dari Stasiun Tokyo, mereka tak ingin ketinggalan sebagai saksi sejarah atas munculnya transportasi darat yang diklaim sebagai yang tercepat di dunia karena Super Komachi meluncur setiap harinya dengan kecepatan 300 kilometer per jam dan rata-rata setiap harinya nanti akan berkecêpatan 320 kilometer per jam.
Dua bulan sebelum peluncuran kereta tercepat di Jepang ini, malah tercatat bahwa dengan kecepatan rata-rata 300 kilometer per jam pernah menempuh Omiya, Perfektur Saitama, dan Sendai, di Perfektur Miyagi. Apabila dengan TGV (Train de Grande Vitesse) yang ada di Prancis masih jauh karena pada tahun 2007 TGV pernah mencapai 574,8 kilometer per jam sebagai pemecah rekor kecepatan dunia dalam perkeretaapian.
Fasilitas yang ada di dalam Super Komachi hampir sama dengan Shinkansen, karena ada tampilan LED dengan informasi perjalanan wisata, dan ini sama baiknya dengan toilet yang tersedia untuk kaum difabel. Nama Komachi diambil dari Ono no Komachi, sebuah penyair yang penuh dengan sajak-sajak puitis dan keindahan dan lahir di Perfektur Akita 1.200 tahun silam. Kereta ini punya keunggulan lain yakni jarak antara Tokyo ke Morioka lebih cepat lima belas menit daripada jarak sebelumnya.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home