Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:23 WIB | Selasa, 03 Mei 2022

Ketegangan Meningkat di Perbatasan Iran dan Afghanistan

Pengungsi Afghanistan, Zahra Husseini, dan anak-anaknya, Salehe, tengah, dan Shahrzad duduk di kamar mereka di pinggiran miskin Teheran, Iran, 21 April 2022. Anggota Taliban yang membunuh suaminya yang aktivis menawarkan kesepakatan kepada Husseini: Menikahlah dengan salah satu dari kami, dan Anda akan aman. Husseini, 31 tahun, memutuskan untuk melarikan diri ke Iran. (Foto: AP/Vahid Salemi)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Anggota Taliban yang membunuh suaminya yang aktifis menawarkan kesepakatan kepada Zahra Husseini: Menikahlah dengan salah satu dari kami, dan Anda akan aman.

Husseini, 31 tahun, memutuskan untuk melarikan diri. Melalui petak-petak tanah datar tanpa hukum, dia dan dua anaknya yang masih kecil berjalan kaki, naik sepeda motor, dan truk hingga mencapai Iran.

Ketika Afghanistan jatuh ke dalam krisis ekonomi setelah Amerika Serikat menarik pasukan dan Taliban merebut kekuasaan, perbatasan sepanjang 960 kilometer (572 mil) dengan Iran menjadi jalur kehidupan bagi warga Afghanistan yang menumpuk barang di mobil dalam penyelundup untuk mencari uang dan pekerjaan dengan putus asa.

Namun dalam beberapa pekan terakhir, penyeberangan gurun, yang lama merupakan sudut dunia yang berbahaya, telah menjadi sumber ketegangan yang meningkat karena diperkirakan 5.000 orang Afghanistan melintasinya setiap hari dan tetangganya, dulunya musuh yang memperdagangkan bahan bakar, berbagi air, dan memiliki sejarah yang tersiksa, menavigasi hubungan yang semakin berat.

Dalam beberapa pekan terakhir, bentrokan meletus antara Taliban dan penjaga perbatasan Iran. Warga Afghanistan di tiga kota berunjuk rasa melawan Iran. Demonstran melemparkan batu dan membakar di luar Konsulat Iran. Sebuah aksi penusukan fatal, yang diduga oleh seorang migran Afghanistan, di kuil tersuci Iran mengirimkan gelombang ketegangan ke seluruh negeri.

Analis politik mengatakan bahkan ketika kedua negara tidak menginginkan eskalasi, permusuhan yang lama membara dan berisiko lepas kendali.

“Anda memiliki salah satu krisis pengungsi terburuk di dunia yang terjadi setiap hari dan permusuhan historis,” kata Andrew Watkins, pakar senior Afghanistan di Institut Perdamaian Amerika Serikat. "Gempa bumi akan terjadi."

Bahayanya bersifat pribadi bagi warga Afghanistan yang menyelinap melintasi perbatasan seperti Husseini. Sejak pengambilalihan Taliban, Iran telah meningkatkan deportasi migran Afghanistan, menurut badan migrasi PBB, memperingatkan bahwa ekonomi yang terkena sanksi tidak dapat menangani arus masuk barang.

Dalam tiga bulan pertama tahun ini, deportasi Iran melonjak 60% setiap bulan, kata Ashley Carl, wakil kepala misi Afghanistan. Banyak dari 251.000 yang kembali dari Iran tahun ini menanggung luka dan bekas luka dari perjalanan yang sulit, katanya, selamat dari kecelakaan mobil, tembakan dan kesulitan lainnya.

Roshangol Hakimi, 35 tahun yang melarikan diri ke Iran setelah pengambilalihan Taliban, mengatakan penyelundup menyandera dia dan putrinya yang berusia sembilan tahun sebagai sandera selama sepekan sampai kerabatnya membayar uang tebusan. "Mereka akan memberi kami makan dengan air yang tercemar dan roti yang keras dan basi," katanya. "Kami sekarat."

Orang-orang yang beruntung mendarat di Teheran, terjepit di gang-gang yang lembap dan ramai. Iran memperkirakan setidaknya satu juta warga Afghanistan telah mencari perlindungan di negara itu selama delapan bulan terakhir.

Seperti kebanyakan orang, Husseini hidup dalam ketidakpastian hukum, rentan terhadap pelecehan dan eksploitasi. Bosnya di toko penjahit menolak untuk membayar gajinya. Pemiliknya mengancam akan mengusirnya. Dia hampir tidak bisa mengumpulkan cukup uang untuk memberi makan anak-anaknya.

“Kami tidak punya apa-apa dan tidak punya tempat untuk pergi,” katanya dari sebuah ruangan sempit di Teheran selatan, yang hanya dilengkapi dengan pemanas gas sumbangan, kursi, dan beberapa selimut bulu.

Semakin banyak orang Afghanistan yang datang, membantu mereka semakin sulit. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh, bulan lalu menyesalkan bahwa “gelombang pengungsi Afghanistan tidak dapat melanjutkan ke Iran” karena “kapasitas” Iran terbatas. Pengangguran pemuda Iran berkisar di atas 23 persen. Mata uang Iran, rial, telah menyusut hingga kurang dari 50 persen nilainya sejak 2018.

"Tantangan terbesar adalah bahwa Iran tidak siap untuk situasi baru pengungsi," kata analis politik yang berbasis di Teheran Rea Ghobeishavi tentang meningkatnya gesekan antara Afghanistan dan Iran.

Iran semakin cemas karena serangkaian serangan berdarah di Afghanistan yang menargetkan minoritas Syiah Hazara di negara itu memperjelas bahwa ancaman ekstremis berkembang biak meskipun Taliban berjanji untuk memberikan keamanan.

“Ada laporan bahwa beberapa ekstremis memasuki Iran dengan mudah bersama pengungsi,” kata Abbas Husseini, seorang jurnalis Afghanistan terkemuka di Teheran, menggambarkan meningkatnya paranoia di Iran.

Bulan lalu, tempat suci Syiah Iran yang paling suci di kota timur laut Mashhad berubah menjadi tempat pembantaian ketika seorang penyerang menikam tiga ulama, menewaskan dua orang, tindakan kekerasan yang jarang terjadi di kompleks itu. Penyerang diidentifikasi di media sebagai warga negara Afghanistan dari etnis Uzbekistan.

Pada hari-hari berikutnya, gelombang video agitasi terhadap pengungsi Afghanistan membanjiri media sosial Iran. Tidak mungkin untuk diautentikasi, klip kasar, rekaman yang menunjukkan orang Iran menghina dan memukuli orang Afghanistan, telah dianggap menyesatkan di Iran tetapi di Afghanistan telah mendominasi berita utama, memicu kemarahan publik.

Demonstran menyerang Konsulat Iran di kota Herat dengan batu dan memprotes Kedutaan Besar Iran di Kabul. "Berhenti membunuh warga Afghanistan," pinta pengunjuk rasa di ibukota Afghanistan. "Matilah Iran," teriak massa di Herat dan provinsi Khost tenggara. Iran menangguhkan  misi diplomatiknya di Afghanistan selama 10 hari.

Hassan Kazemi Qomi menyalahkan ketegangan yang meningkat pada "musuh" samar-samar berusaha untuk menumbangkan hubungan negara. Menteri Luar Negeri Afghanistan, Amir Khan Muttaqi, mengangkat keprihatinannya dengan duta besar Iran.

"Perlakuan buruk terhadap pengungsi Afghanistan di Iran berdampak buruk pada hubungan antara kedua negara ... memungkinkan pihak yang bermusuhan berkonspirasi," kata Muttaqi seperti dikutip. Nada suaranya yang hati-hati menunjukkan sejarah yang bermasalah.

Pada tahun 1998, Iran hampir berperang melawan Taliban setelah 10 diplomatnya tewas ketika konsulat mereka diserbu di kota utara Mazar-e-Sharif. Tapi setelah invasi pimpinan Amerika Serikat, para pemimpin Syiah Teheran semakin waspada terhadap kehadiran militer Amerika di depan pintu mereka dan mengambil sikap yang lebih pragmatis terhadap kelompok militan Sunni.

Sekarang, kata para analis, dengan kedua negara dipisahkan dari sistem perbankan global dan kekurangan uang tunai, mereka saling bergantung satu sama lain. Tidak ada yang ingin melihat ketegangan meningkat lebih lanjut.

“Melalui tetangga, Iran dapat menjatuhkan sanksi, menukar mata uang, barter, dan menjaga ekonominya tetap hidup,” kata Sanam Vakil, wakil direktur Program Timur Tengah dan Afrika Utara Chatham House.

Tetapi negara bertetangga itu hampir bentrok pekan lalu ketika penjaga Taliban mencoba membuka jalan baru melintasi perbatasan. Penjaga Iran bersiaga tinggi. Persimpangan vital ditutup.

Sadar akan taruhannya, negara-negara tersebut dengan penuh semangat mengupayakan diplomasi. Pekan lalu, Khatibzadeh berjanji Teheran akan mengakreditasi diplomat Taliban untuk pertama kalinya untuk membantu memproses tumpukan kasus konsuler. Pejabat Taliban mengunjungi ibu kota untuk membahas perlakuan Iran terhadap pengungsi Afghanistan.

Banyak dari pengungsi yang melarikan diri dari penindasan dan kemelaratan Afganistan memiliki mimpi-mimpi sederhana: bekerja sebagai buruh bangunan, pekerja pabrik dan buruh tani di Iran.

Yang lain, seperti putri Hakimi yang berusia Sembilan tahun, Yasmin, berharap untuk melanjutkan ke Eropa. Dia berfantasi tentang Jerman. Ayahnya, seorang perwira polisi yang dibunuh oleh Taliban di provinsi Logar, menanamkan dalam dirinya pentingnya pendidikan, katanya.

“Kami tidak ingin memiliki masa depan yang buruk,” kata Yasmin dari apartemennya yang bobrok di Teheran. “Kami ingin menjadi orang yang melek huruf, seperti ayah saya.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home