Loading...
INDONESIA
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 12:53 WIB | Rabu, 11 Mei 2016

Ketua MPR RI Kunjungi Jatim Sosialisasikan Nilai Kebangsaan

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan. (Foto: zulhasan.com)

SURABAYA, SATUHARAPAN.COM - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Zulkifli Hasan, mengunjungi Jawa Timur (Jatim) selama tiga hari (11-13 Mei) untuk menyosialisasikan nilai kebangsaan dan Pancasila kepada masyarakat dan mahasiswa dengan tajuk “Safari Kebangsaan di Jatim”.

“Ketua MPR ingin mengetahui dan melihat dari dekat bagaimana rasa kebhinekatunggalikaan di masyarakat. Mengingat, banyak permasalahan yang terjadi di masyarakat akhir-akhir ini sudah keluar dari peraturan, ruh, dan faham kenegaraan. Dan penyimpangan ini harus segera ditangani dan diselesaikan secara serius,” kata Ketua Pelaksana “Safari Kebangsaan di Jatim”, Masfuk, di Surabaya, hari Selasa (10/5) sore.

Lebih lanjut ia menjelaskan, hasil turun ke bawah ini nantinya akan menjadi rumusan yang akan dibawa ke pemerintah pusat dan bisa dijadikan dasar membuat UU atau Peraturan Pemerintah (PP), yang artinya Indonesia akan dikembalikan lagi sebagai negara yang memiliki nilai-nilai yang tercermin di Pancasila serta memiliki rasa kebhinekaan yang tinggi.

Sejumlah tempat yang dijadwalkan dikunjungi Zulkifli untuk tiga hari berturut-turut di antaranya di Bojonegoro, Malang, Sidoarjo, dan Surabaya. Di antara tempat yang dikunjungi, salah satunya berkunjung ke mantan Rektor Unair, Fasich, yang kini dirawat di RS Unair, serta menyelenggarakan dialog kebangsaan bersama Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

"Di  setiap daerah, Pak Zulkifli juga akan menyempatkan diri untuk mengunjungi sentra UMKM dan berdialog mengenai persoalan yang dihadapi pelaku UMKM. Harapannya, dengan mengetahui langsung persoalan di lapangan, maka solusi yang akan diberikan pemerintah juga bisa tepat sasaran," ujar Masfuk.

Ia menambahkan, Safari Kebangsaan yang bertema merajut kebhinekaan ini tidak hanya dilakukan Zulkifli di Jatim, tetapi juga akan dilaksanakan di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta. Setelah itu dilanjutkan menuju Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Irian Jaya. Safari Kebangsaan ini direncanakan akan menyusuri seluruh wilayah nusantara dari Sabang hingga Merauke. (jatimprov.go.id)

Editor : Sotyati


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home