Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 18:28 WIB | Rabu, 09 Mei 2018

Kim Jong Un dan Xi Jinping Bertemu di Tiongkok

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjabat tangan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, dalam foto yang diambil dari video siaran pada Rabu (28/3/2018). (CCTV via Reuters TV)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Presiden Tiongkok, Xi Jinping dan Kim Jong Un bertemu di timur laut Tiongkok pada Selasa (8/5) dalam kunjungan tiba-tiba oleh pemimpin Korea Utara tersebut menjelang KTT dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Stasiun penyiaran negara CCTV menunjukkan Xi dan Kim berjalan-jalan di tepi laut di Kota Dalian dan berbicara, sedangkan kantor berita negara Xinhua mengatakan bahwa kedua pemimpin itu bertemu pada Senin dan Selasa.

Itu adalah kunjungan kedua Kim ke Tiongkok sejak Maret, menyoroti upaya-upaya yang dilakukan oleh sekutu era Perang Dingin tersebut untuk memperbaiki hubungan yang mendingin karena Beijing mendukung sanksi-sanksi PBB terkait kegiatan nuklir Pyongyang.

Beijing berusaha untuk tidak ingin ditinggalkan dari pertemuan bersejarah Kim pada bulan lalu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in serta pertemuan mendatang dengan Trump pada Juni.

"Setelah pertemuan pertama antara saya dan Kim, hubungan Tiongkok-Korea Utara serta situasi semenanjung Korea telah membuat kemajuan positif. Saya merasa senang untuk itu," kata Xi, menurut Xinhua.

Sementara itu, Kim menanggapi hal itu. "Ini adalah hasil positif dari pertemuan bersejarah antara saya dan Xi," katanya.

Media Jepang sebelumnya menunjukkan gambar sebuah pesawat terbang yang biasanya digunakan oleh VIP Korea Utara terbang keluar dari Dalian, memicu spekulasi bahwa Kim telah berada di kota itu. Demikian dilansir AFP. (Antara)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home