Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 06:50 WIB | Sabtu, 07 Agustus 2021

Kisah Petinju Kamerun Yang Lari dari Olimpiade London

Kisah Petinju Kamerun Yang Lari dari Olimpiade London
Petinju Thomas Essomba berpose setelah berlatih di Steel City Gym di Sheffield, Inggris, Kamis, 4 Agustus 2021. Petinju Kamerun Thomas Essomba, adalah satu dari tujuh orang yang membelot di London 2012. Sembilan tahun kemudian, dia berbicara kepada AP tentang bagaimana rasanya hidup dengan keputusan itu. (Foto-foto: AP/Jon Super)
Kisah Petinju Kamerun Yang Lari dari Olimpiade London
Petinju Thomas Essomba berlatih dengan pelatih tinju Pearce Gudgeon di Steel City Gym di Sheffield, Inggris, Kamis, 4 Agustus 2021.

SHEFFIELD, SATUHARAPAN.COM-Ketika petinju Thomas Essomba berjalan keluar dari Desa Olimpiade London dengan koper-kopernya pada tahun 2012, ia meninggalkan hidupnya di Kamerun untuk memulai yang lain dari awal di negara yang nyaris tidak dikenalnya.

Essomba, yang merupakan kapten tim tinju Kamerun, negaranya, menghilang bersama empat petinju lainnya selama Olimpiade. Dari 37 atlet Kamerun yang dikirim ke London, tujuh orang, termasuk seorang perenang dan seorang pemain sepak bola putri, tidak pernah pulang setelah menyelesaikan acara mereka.

Sembilan tahun berikutnya, Essomba mengatakan bahwa dia terkadang berjuang untuk mendamaikan kerinduannya akan keluarganya di Kamerun dan mimpinya menjadi petinju yang sukses di Inggris.

"Itu adalah keputusan yang sangat, sangat sulit, saya tidak senang, jujur," kata pemain berusia 33 tahun itu kepada The Associated Press dalam sebuah wawancara hari Rabu (4/8) di sebuah gym di Sheffield di Inggris tengah. Namun dia menambahkan: “Inggris adalah negara saya sekarang. Saya senang berada di sini. Dengan kasih karunia Tuhan, saya pikir semuanya akan baik-baik saja.”

Atlet Membelot di Olimpiade

Kisah-kisah atlet muda yang membelot selama Olimpiade sering kali menarik perhatian dunia. Pekan ini, sprinter Belarusia, Krystsina Tsimanouskaya, meninggalkan Olimpiade Tokyo dan mencari perlindungan di Polandia, dengan mengatakan ofisial tim Belarusia mencoba memaksanya untuk terbang pulang lebih awal setelah dia mengkritik mereka.

Pelari berusia 24 tahun itu mengatakan kepindahannya tidak direncanakan, dan tidak jelas apa yang selanjutnya terjadi pada dirinya.

Ratusan atlet telah mencari suaka di acara olahraga global, terutama selama Perang Dingin, untuk melarikan diri dari pemerintahan otoriter di dalam negeri atau untuk mencari kehidupan yang lebih baik di Barat.

Sebanyak 117 atlet membelot di Olimpiade Munich tahun 1972, menurut laporan pada saat itu, dan pembelotan atlet Kuba ke AS telah menjadi hal biasa. Pada Olimpiade London 2012, beberapa atlet lain dari tim Afrika lainnya juga menghilang dan dikabarkan mencari suaka.

Tekanan di Kamerun

Essomba mempertahankan bahwa dia "memiliki kehidupan yang baik" di rumah dan tidak berencana untuk melarikan diri sebelum tiba di London. Alasan di balik keputusannya tidak sepenuhnya jelas: Petinju itu mengatakan dia mengalami masalah dengan pejabat olah raga pemerintah Kamerun, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut. Beberapa di timnya dilaporkan mengatakan pada saat itu bahwa mereka diperlakukan dengan buruk.

“Satu-satunya hal yang saya takutkan adalah kembali dan berhenti bertinju, karena tinju adalah seluruh hidup saya,” katanya tentang pemikirannya saat itu. “Mereka tidak suka tantangan. Saya telah mencoba untuk menantang mereka dan hidup saya menjadi berbahaya.”

Kamerun, negara berpenduduk 26 juta orang di Afrika Tengah yang sebagian besar berbahasa Prancis, memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi dan ketidaksetaraan yang mencolok antara daerah pedesaan dan perkotaan. Presiden Paul Biya telah berkuasa sejak 1982, dan para kritikus menuduhnya melakukan penindasan politik dan menganiaya musuh-musuhnya.

“Sudah bertahun-tahun menjadi rezim yang korup, pembunuh dan otoriter, dan sering ada masalah tentang atlet yang tidak dibayar, kemudian mengeluh dan kemudian menganggap diri mereka dalam bahaya jika mereka kembali ke Kamerun,” kata Jackie Fearnley, seorang peneliti dan juru kampanye yang telah membantu orang Kamerun mencari suaka di Inggris.

Pelanggaran hak di negara itu marak dan beberapa mencari perlindungan di luar negeri, karena mereka dipandang sebagai pembangkang, kata Fearnley, yang juga telah membantu banyak orang LGBT yang menghadapi penangkapan dan pemenjaraan rutin di Kamerun.

Essomba mengatakan itu adalah "momen yang sangat menyedihkan, sangat buruk" ketika dia meninggalkan Desa Olimpiade bersama empat rekan satu timnya. Ibu, kerabat, dan anak-anaknya di rumah bergantung padanya, dan dia nyaris tidak bisa berbahasa Inggris.

"Semuanya berubah ketika saya datang ke sini," katanya. "Tapi saya berkata, 'Dengar, hidup saya dulu.' Saya harus melindungi hidup saya."

Menjadi Warga Inggris

Begitu keluar dari Desa, orang-orang itu naik bus ke London selatan, menemukan tempat tinggal dan tinggal di sana selama beberapa pekan sementara seorang pengacara membantu mereka mengurus dokumen untuk mengajukan suaka ke pemerintah Inggris. Pada saat itu, mereka semua memiliki visa enam bulan yang memungkinkan mereka untuk tinggal di Inggris.

“Saya tidak tahu apa-apa tentang Inggris. Bahkan mengajukan suaka, saya tidak tahu bahwa saya harus melakukannya,” kata Essomba. Permohonannya dikabulkan dalam waktu satu tahun, dan ia segera menjadi warga negara Inggris.

Essomba mengatakan dia memiliki saat-saat penyesalan ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik, dan dia sangat merindukan keluarga dan tanah airnya.

Tapi dia beradaptasi dengan kehidupan di Inggris. Dia menemukan pacar dan teman baru. Dia tetap berhubungan setiap hari dengan keluarganya di media sosial, dan telah kembali diam-diam ke tanah airnya setelah memperoleh kewarganegaraan Inggrisnya.

Secara profesional, dia memegang gelar juara kelas terbang Persemakmuran dari 2015 hingga 2017. Dia mengatakan dia berjuang untuk “menulis nama saya” dengan mewakili Inggris di kompetisi internasional sebelum dia pensiun dan masuk ke pelatihan.

"Segala sesuatu dalam hidup saya ada di Inggris sekarang, jadi saya tidak berpikir saya akan kembali," katanya. “Saya belum mencapai tujuan saya. Tujuan saya adalah memiliki gelar Inggris. Ini harapan saya,” tambah petinju itu. “Jadi itu sebabnya saya terus berjuang. Saya percaya saya akan melakukannya.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home