Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:05 WIB | Selasa, 03 September 2019

KM 90 Tol Cipularang Kerap terjadi Kecelakaan, Menhub Kirim Analisis

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Antaranews.com/Zuhdiar Laeis)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengirimkan tim untuk menganalisis kondisi jalur Tol Cipularang Km 90. Di kawasan itu kerap terjadi kecelakaan.

"Pertama, kami prihatin atas kejadian itu dan memang harus ada evaluasi yang mendasar," katanya, di Jakarta, Selasa (3/9), terkait kecelakaan beruntun yang kembali terjadi di Tol Cipularang.

Hal itu disampaikannya seusai bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam.

Budi mengakui kerapnya kecelakaan terjadi di Tol Cipularang Km 90 maka perlu dilakukan evaluasi secara menyeluruh agar kejadian serupa tidak terulang.

"Saya menugaskan Dirjen Darat dan KNKT untuk evaluasi. Selain hal-hal sudah terlihat kasat mata. Yang tidak taat aturan, dan sebagainya," katanya.

Tim Kemenhub bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk melakukan kajian tersebut.

Menurut dia, kajian yang dilakukan membutuhkan waktu setidaknya satu minggu, terutama yang berkaitan dengan teknis dan struktur.

Kecelakaan beruntun kembali terjadi di Jalan Tol Cipularang Kilometer 91 dari arah Bandung menuju arah Jakarta, pada Senin (2/9) siang.

Setidaknya 21 kendaraan terlibat dalam peristiwa kecelakaan itu, yakni sejumlah truk, kendaraan pribadi dan bus.

Sembilan orang meninggal dan delapan orang luka dalam kecelakaan beruntun tersebut. Beberapa kendaraan juga terbakar dalam peristiwa itu. (Antaranews.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home