Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:33 WIB | Jumat, 29 April 2022

Koalisi Militer Arab Bebaskan 163 Tahanan Houthi Yaman

Juru Bicara Koalisi Militer Arab Brigadir Jenderal Turki al-Maliki. (Foto: dok. AFP)

RIYADH, SATUHARAPAN.COM-Koalisi militer pimpinan Arab Saudi mengumumkan pada hari Kamis (28/4) bahwa mereka akan membebaskan 163 tahanan Houthi yang berpartisipasi dalam operasi tempur dalam “inisiatif kemanusiaan,” lapor kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA).

Koalisi Arab mengumumkan akan membebaskan 163 tahanan Houthi sebagai bagian dari “inisiatif kemanusiaan,” menambahkan bahwa para tahanan ini telah berpartisipasi dalam operasi tempur melawan Arab Saudi.

Langkah tersebut berada dalam konteks inisiatif kemanusiaan sebelumnya dan bertujuan untuk mendukung upaya yang berusaha untuk mengakhiri krisis di Yaman dan mencapai perdamaian, kata Juru Bicara Koalisi, Brigadir Jenderal Turki al-Maliki.

Hal ini juga bertujuan untuk memperkuat upaya PBB untuk mempertahankan gencatan senjata, yang mulai berlaku pada 2 April, mempersiapkan suasana untuk dialog antara aktor Yaman dan memfasilitasi penyelesaian masalah tahanan sejalan dengan nilai-nilai Muslim dan prinsip-prinsip internasional, tambahnya.

Gencatan senjata rapuh yang dimulai pada hari pertama bulan suci Ramadhan, dan sebagian besar telah berlangsung, menawarkan secercah harapan di Yaman yang dilanda perang.

“Koalisi Arab mulai menyelesaikan prosedur untuk membebaskan 163 tahanan berkoordinasi dengan Komite Internasional Palang Merah untuk memindahkan mereka ke Sanaa,” kata al-Maliki.

Dia mencatat bahwa Arab Saudi tertarik untuk menangani dan menyelesaikan masalah tahanan atas dasar kemanusiaan, “jauh dari keuntungan dan perhitungan politik dan militer.”

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home