Loading...
SAINS
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 19:05 WIB | Selasa, 14 Maret 2023

Kobarkan Semangat Belajar dan Raih Hasil Memuaskan pada PAT 2022-2023

Persiapan PAT Siswa/I (foto : BPKPENABURJakarta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM, Hai siswa kelas akhir jenjang SD dan SMP BPK PENABUR Jakarta. Bagaimana kabar hari pertama Penilaian Akhir Tahun Pelajaran (PAT)? Mungkin ada yang belum puas dengan hasil yang diraih hari ini, tetapi bukan berarti membuatmu patah semangat, teruslah kobarkan semangat belajar agar meraih hasil memuaskan dalam PAT hari-hari selanjutnya.

Untuk itu, kalian bisa melakukan beberapa hal ini agar siap menaklukkan PAT 2022-2023 :

  1. Tentukan tujuan

Menentukan tujuan akan membuat kalian lebih bersemangat belajar ataupun dalam hal lainnya, sehingga dengan mudah dapat menerjemahkannya ke dalam langkah nyata. Contohnya, jika ingin hasil PAT bagus tanpa remedial, maka kalian bisa menyusun jadwal belajar, mengerjakan latihan soal, dan berdiskusi dengan teman maupun guru di sekolah.

  1. Buat target

Tentukan target pencapaian dalam belajar secara tertulis, lalu tempelkan di dekat meja belajar kalian di rumah. Suatu catatan yang kalian lihat terus-menerus secara tidak langsung akan menancap di pemikiran, sehingga tubuh dan jiwamu akan ikut tergerak untuk mewujudkannya.

  1. No Gadget

Segala sesuatu yang dilakukan dengan penuh perjuangan, pasti memperoleh hasil maksimal. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menunda keinginan kalian untuk bersenang-senang, salah satunya jangan bermain gadget selama mempersiapkan diri menghadapi PAT. Gadget dapat membuat kalian gagal fokus saat belajar.

  1. Comfort Zone

Menciptakan zona nyaman alias lingkungan yang kondusif pada saat belajar. Hal ini akan membuat hati kalian senang dan semangat belajar jadi meningkat.

  1. Cari motivasi belajar

Membaca buku atau menonton film motivasi, dapat membuat semangat belajar kalian semakin meningkat juga loh. Carilah buku, film, atau sosok idola yang menginspirasi, sehingga berhasil mencapai nilai yang maksimal.

Nah, itu dia cara agar semangat belajar kalian dalam menghadapi PAT tetap berkobar. Selamat menghadapi ujian!

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home