Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 22:07 WIB | Sabtu, 25 September 2021

Kolombia Sita Lebih dari 3.000 Sirip Hiu

Sirip dari sekitar 1.000 ekor hiu akan diual ke Hong Kong.
Hiu goblin adalah spesies hiu laut dalam yang langka dan satu-satunya perwakilan yang masih ada dari keluarga Mitsukurinidae, garis keturunan yang berusia sekitar 125 juta tahun. (Foto: dok. Ist)

BOGOTA, SATUHARAPAN.COM-Ribuan sirip hiu disita oleh otoritas Kolombia sebelum dikirim secara ilegal ke Hong Kong, kata para pejabat.

Bogota “menyita 3.493 sirip hiu dan 117 kilogram kantong ikan yang sedang dalam perjalanan ke Hong Kong,” kata kepala kementerian lingkungan, Carolina Urrutia.

Hasil tangkapan menyoroti permintaan sirip hiu yang terus berlanjut, disajikan di jamuan pernikahan di beberapa komunitas China dan secara keliru diyakini memiliki khasiat obat.

Sirip-sirip tersebut, yang diambil dari 900 hingga 1.000 ekor hiu berukuran hingga lima meter, ditemukan pada hari Jumat (24/90 di lima kotak di bandara tersibuk di Bogota, El Dorado.

Sirip itu diambil "lebih dari tiga spesies" hiu, dan kemungkinan dipanen dalam "penangkapan ikan ilegal," kata Urrutia, mengecam "kerusakan lingkungan yang tidak dapat diperbaiki pada ekosistem laut Kolombia."

Polisi nasional akan menangani penyelidikan, tambahnya.

Penangkapan ikan hiu telah dilarang di Kolombia, yang merupakan rumah bagi 76 dari 500 varietas hiu yang diketahui, sejak tahun 2020 dalam upaya untuk membendung perdagangan sirip ke Asia.

Penjualan dan konsumsi sirip hiu tidak dilarang di Hong Kong, tetapi harus dilisensikan, dan tetap populer meskipun bertahun-tahun berkampanye.

Beberapa predator puncak paling vital di lautan, populasi hiu telah dihancurkan selama beberapa dekade terakhir dengan sirip dan industri penangkapan ikan dengan rawai sebagai penyebab utama. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home