Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:04 WIB | Jumat, 14 Juni 2019

Kominfo: Hoaks! Pesan Arahan Kapolri

Ilustrasi. Waspada hoaks. (Foto: Thruth Theory)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Sebuah pesan berantai heboh di media sosial. Isinya soal arahan dari Kapolri Tito Karnavian mengenai aksi demonstrasi 22 Mei lalu. Dalam pesan tersebut berisikan beberapa poin dari Kapolri. Di antaranya mengenai ucapan terima kasih untuk jajaran Polri karena berhasil memukul mundur massa yang pro 02.

Sementara itu, pesan berantai lain tentang imbauan agar semua jajaran Polri bersabar untuk mengalah untuk kepentingan yang lebih besar, yaitu Democratic Policing (nantinya TNI akan tunduk pada hukum kepolisian.)

Mengenai pesan berantai tersebut, Plt Karo Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan, Tim AIS Kominfo telah menelusuri pesan tersebut.

“Tidak benar, itu hoaks. Informasi resminya sudah disampaikan langsung sama Divisi Humas Polri,” kata Ferdinandus di Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Ferdinandus menegaskan, informasi dari Divisi Humas Polri dalam postingan di akun Twitter resminya mengatakan, Kapolri Jenderal Polisi Prof H Muhammad Tito Karnavian PhD, tidak pernah mengeluarkan statement seperti itu.

“Jadi sudah jelas. Pak Tito tidak pernah mengeluarkan arahan dalam bentuk broadcast itu. Sekali lagi, itu hoaks!” ia menegaskan.

Kabar hoaks lain datang dari Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) yang membiayai aksi people power di Sulteng. Namun, kabar tersebut langsung diklarifikasi oleh Ketua DPD Partai Gerindra Sulteng Longki Djanggola.

“Itu gambar koran, dipastikan merupakan hasil editan. Ketua DPD Partai Gerindra Sulteng, Pak Longki Djanggola menyanggah berita bohong atau hoax yang menyebut dirinya membiayai gerakan people power itu,” ujar Ferdinandus.

Selain Longki, Pemimpin Redaksi Harian Mercusuar Tasman Banto, juga menyatakan sangat keberatan atas tindakan yang mencatut media yang dipimpinnya, dan menjelek-jelekkan gubernur. Terkait hal tersebut, Tim Hukum Pemprov Sulteng, bersama PJ koran harian Mercusuar telah mendatangi Polda Sulteng untuk melapor.

Berikut perincian lengkap laporan isu hoaks harian untuk tanggal 13 Juni 2019 dari Tim AIS Kementerian Kominfo:

1. Pesan Berantai Mengenai Arahan dari Kapolri

2. Foto Anak-anak Palestina di Pelabuhan Belawan

3. Adidas Merayakan Ulang Tahun Ke-68 dan Membagikan Sepatu Gratis

4. Gubernur Sulawesi Tengah Biayai Aksi People Power

5. Anak di Bogor Dikutuk Ibunya Jadi Batu

6. Lahan TNI AL di Surabaya Mau Dieksekusi lewat Pengadilan oleh Pengembang Cina

7. Video Perobohan Rumah Lantaran Istri Ketahuan Selingkuh oleh Suami

8. Penodongan di Dekat SPBU Tuwed-Melaya Jembrana

9. Bupatinya Baru Dilantik Jadi Wagub, Dua Pejabat Lamtim Diisukan Kena OTT. (kominfo.go.id)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home