Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 18:16 WIB | Rabu, 22 Juni 2016

Komisi-III Pertanyakan Desain Reformasi Polri Kepada Tito

Wakil Ketua Komisi III DPR, Benny K Harman. (Foto: dpr.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Ketua Komisi III DPR, Benny K Harman, mengatakan dirinya akan mempertanyakan desain reformasi internal Polri yang dimiliki calon tunggal Kapolri Komjen Pol Tito Karnavian, dalam uji kelayakan dan kepatutan pada hari Kamis (23/6).

“Kita akan siapkan pertanyaan-pertanyaan, misalnya reformasi internal Kepolisian apa konkretnya dan fokusnya, apa ukurannya," kata Benny K Harman  di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, hari Rabu (22/6).

Dia menilai institusi Kepolisian sudah banyak mengalami kemajuan namun tetap ada yang perlu dibenahi.

Politikus Partai Demokrat itu menjelaskan, dalam berbagai survei terlihat bahwa kepercayaan publik kepada institusi Kepolisian belum pulih karena menyangkut perilaku, tindakan, pelayanan kepolisian baik institusi maupun individu.

“Reformasi internal (Kepolisian) itu perlu untuk merespon tuntutan masyarakat," katanya.

Selain itu, menurut dia, dirinya akan menanyakan pembenahan Sumber Daya Manusia (SDM) misalnya terkait pendidikan, promosi, rekrutmen dan mutasi.

Menurut dia, selama ini masih ada permainan dalam penempatan Kapolda, Kapolres, dan Kapolsek karena tolok ukurnya tidak jelas.

“Selama ini ada permainan, penempatan Kapolres, Kapolsek, dan Kapolda karena ukurannya tidak jelas sehingga sarat dengan kepentingan-kepentingan," katanya seperti dikutip dari Antara.

Sebelumnya Komisi III DPR pada Selasa hari (21/6)  melaksanakan rangkaian uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon Kapolri Komisaris Jenderal Tito Karnavian, dengan melakukan penelusuran rekam jejak.

Komisi III akan melibatkan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Komisi Pemberantasan Korupsi dan Kompolnas.

Proses uji kepatutan dan kelayakan, akan berlanjut pada Rabu (22/6) dengan mengunjungi kediaman Tito, dan sekaligus mengagendakan buka puasa bersama.

Sedangkan hari Kamis (23/6), Komisi III akan menyelenggarakan uji kelayakan dan kepatutan pukul 10.00 WIB dan diperkirakan akan selesai pukul 16.00 WIB. Sementara itu malam harinya, Komisi III akan mengambil keputusan dari hasil uji kelayakan.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home