Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 11:55 WIB | Kamis, 23 Juni 2016

Komisi III Siapkan 74 Pertanyaan untuk Calon Kapolri

Calon tunggal Kapolri Komjen Pol Tito Karnavian (kanan) bersiap mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di ruang rapat Komisi III, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (23/6). Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme tersebut diajukan oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Pol Badrodin Haiti. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Masinton Pasaribu mengatakan dalam uji kelayakan (fit and proper test) calon Kapolri Komjen Tito Karnavian hari Kamis (23/6) menyiapkan 74 pertanyaan.

"Komisi III DPR-RI menyiapkan minimal 74 pertanyaan yang akan disampaikan dalam fit and proper test calon Kapolri yang pelaksanaannya akan dimulai jam 10 pagi hingga selesai," kata Masinton di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, hari Kamis (23/6).

"Misalnya pertanyaan mengenai  konsepsi calon Kapolri terhadap reformasi internal kepolisian, profesionalisme SDM Polri dalam mengusut kasus-kasus pidana yang efektif dan tidak melanggar HAM," kata dia.

Selain itu, kata Masinton, pertanyaan juga akan berada di seputar optimalisasi citra Polri yang pernah dianggap sebagai salah satu lembaga penegak hukum paling korup. ‪

Pelaksanaan uji kelayakan terhadap calon Kapolri, kata Masinton adalah tahapan yang diselenggarakan oleh DPR melalui Komisi III sebelum DPR memberikan persetujuan atau penolakan terhadap calon Kapolri yang diusulkan oleh Presiden RI yang diatur dalam pasal 11, UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Sebelumnya, Komisi III DPR pada Selasa (21/6) mulai melaksanakan rangkaian uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon Kapolri Komisaris Jenderal Pol Tito Karnavian dengan melakukan penelusuran rekam jejak.

Komisi III akan melibatkan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kompolnas.

Proses uji kepatutan dan kelayakan akan berlanjut pada Rabu (22/6) dengan mengunjungi kediaman Tito, dan sekaligus mengagendakan buka puasa bersama.

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home