Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 20:10 WIB | Sabtu, 23 Juli 2022

Komite Ahli WHO Terpecah Soal Status Kedaruratan Cacar Monyet

Gambar mikroskop elektron (EM) menunjukkan partikel virus monkeypox dewasa berbentuk oval serta bulan sabit dan partikel bulat dari virion yang belum matang, diperoleh dari sampel kulit manusia klinis yang terkait dengan wabah anjing padang rumput tahun 2003 dalam gambar tidak bertanggal yang diperoleh Reuters pada Mei 18, 2022. (Foto: dok. Reuters)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Anggota kelompok ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terpecah mengenai apakah wabah cacar monyet merupakan keadaan darurat kesehatan global. Tetapi direktur jenderal badan tersebut masih mengeluarkan peringatan maksimum pada hari Sabtu (23/7), kata dua sumber yang dekat dengan keputusan tersebut mengatakan kepada Reuters.

Komite, yang bertemu pada hari Kamis (21/7), memberikan saran kepada Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, yang bertanggung jawab untuk membuat keputusan akhir mengenai apakah akan mengumumkan keadaan darurat kesehatan global.

Di masa lalu, Tedros selalu mengikuti rekomendasi komite, tetapi sumber yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan dia serius mempertimbangkan untuk menyatakan tingkat kewaspadaan tertinggi badan itu, meskipun kurangnya pendapat mayoritas karena kekhawatirannya tentang urgensi dari situasi.

WHO mengadakan konferensi pers pada pukul 13:00 GMT pada hari Sabtu (23/7) untuk mengumumkan keputusan akhirnya.

Label:  "darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional", saat ini hanya berlaku untuk pandemi virus corona dan upaya berkelanjutan untuk memberantas polio.

Dalam beberapa pekan terakhir, tekanan telah meningkat dari para ilmuwan dan pakar kesehatan masyarakat untuk WHO dan pemerintah nasional untuk mengambil lebih banyak tindakan terhadap cacar monyet. Sekarang ada lebih dari 14.000 kasus yang dilaporkan, dan lima kematian, dari 71 negara anggota WHO.

Saat komite pertama kali bertemu pada akhir Juni lalu, hanya ada sekitar 3.000 kasus.

Peringatan WHO berfungsi untuk meningkatkan alarm dan juga dapat membuka pendanaan dan upaya global untuk berkolaborasi dalam berbagi vaksin dan perawatan.

Sudah ada pengobatan dan vaksin yang efektif untuk cacar monyet, tetapi persediaannya terbatas. WHO juga telah memberikan saran dan pembaruan sejak wabah dimulai pada awal Mei.

Pada pertemuan pertama komite ahli, kelompok itu mengatakan akan mempertimbangkan kembali posisinya pada deklarasi darurat jika wabah meningkat.

Di Eropa dan Amerika Serikat, kasus hampir seluruhnya dilaporkan di antara pria yang berhubungan seks dengan pria, dan komite juga mengatakan akan mempertimbangkan kembali jika kelompok lain mulai melaporkan kasus, terutama anak-anak atau orang lain yang lebih rentan terhadap virus pada wabah sebelumnya di negara-negara endemik.

Pada hari Jumat, AS mengidentifikasi dua kasus cacar monyet pertama pada anak-anak.

Setiap perubahan pada virus itu sendiri, yang menyebar melalui kontak dekat dan menyebabkan lesi dan gejala seperti flu, juga dapat memicu pemikiran ulang, kata komite tersebut.

Kelompok itu sekarang terpecahantara mereka yang berpikir deklarasi darurat akan mempercepat upaya untuk menahan penyakit, dan mereka yang tidak berpikir itu memenuhi kriteria karena belum menyebar ke kelompok orang baru atau memiliki tingkat kematian yang tinggi, sumber dikatakan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home