Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:58 WIB | Selasa, 26 April 2022

Konferensi 40 Negara Bahas Bantuan Senjata ke Ukraina

Presiden AS, Joe Biden, bertemu dengan Menteri Pertahanan, Lloyd Austin, Ketua Kepala Staf Gabungan, Jenderal Mark Milley, dan para pemimpin militer lainnya di Gedung Putih, 20 April 2022. (Foto: dok. Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat menjadi tuan rumah pertemuan yang diharapkan lebih dari 40 negara pada hari Selasa (26/4) untuk pembicaraan pertahanan terkait Ukraina yang akan fokus pada mempersenjatai Kiev, sehingga dapat bertahan melawan serangan gencar Rusia yang sedang berlangsung dan berpotensi menentukan di timur, kata para pejabat AS.

Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, mengadakan acara di Pangkalan Udara Ramstein di Jerman setelah perjalanan ke Kiev di mana ia menjanjikan dukungan tambahan untuk upaya perang Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy.

Jenderal Angkatan Darat AS, Mark Milley, ketua Kepala Staf Gabungan, mengatakan tujuan utama dari pembicaraan itu adalah untuk menyinkronkan dan mengoordinasikan peningkatan bantuan keamanan ke Kiev yang mencakup persenjataan berat, seperti artileri howitzer, serta drone bersenjata dan amunisi.

"Beberapa pekan ke depan akan sangat, sangat kritis," kata Milley kepada wartawan yang bepergian bersamanya. “Mereka membutuhkan dukungan terus-menerus agar bisa sukses di medan perang. Dan itulah sebenarnya tujuan dari konferensi ini.”

Serangan Artileri Rusia

Didorong kembali oleh pasukan Ukraina dari serangan yang gagal di Kiev di utara, Moskow telah mengerahkan kembali pasukannya ke timur untuk serangan darat di dua provinsi yang dikenal sebagai Donbas.

Pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim, menilai bahwa Rusia akan sangat bergantung pada serangan artileri, mencoba untuk menggempur posisi Ukraina ketika Moskow bergerak dalam pasukan darat dari berbagai arah untuk mencoba menyelimuti dan menghapus sebagian besar militer Ukraina.

Tetapi Amerika Serikat juga memperkirakan banyak unit Rusia yang terkuras, dengan beberapa beroperasi dengan kehilangan personel setinggi 30 persen, tingkat yang dianggap oleh militer AS terlalu tinggi untuk terus bertempur, kata para pejabat.

Pejabat AS mengutip anekdot seperti tank Rusia dengan pengemudi tunggal dan tanpa awak dan peralatan di bawah standar yang rentan terhadap kerusakan atau ketinggalan zaman.

Penilaian Inggris menunjukkan bahwa sekitar 15.000 personel Rusia tewas dalam konflik tersebut, sementara 2.000 kendaraan lapis baja termasuk sekitar 530 tank telah dihancurkan, bersama dengan 60 helikopter dan jet tempur, kata Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace, hari Senin (25/4).

Rusia sejauh ini hanya mengakui 1.351 tentara tewas dan 3.825 terluka.

Rusia masih memiliki kemampuan canggih dan jumlah pasukan yang unggul, dan telah menunjukkan kesediaan untuk terus mengerahkan tentara dan unit ke dalam pertempuran, kata para pejabat AS.

Moskow juga secara ekonomi mampu mengobarkan perang panjang di Ukraina meskipun dihantam oleh sanksi Barat, kata pakar pertahanan dan ekonomi.

Untuk bagiannya, Ukraina membanggakan moral yang tinggi, taktik medan perang yang kreatif dan adaptif dan pengetahuan lokal tentang medan, bersama dengan senjata dan intelijen dari Amerika Serikat dan sekutunya.

“Mereka pasti memiliki peluang bertarung,” kata seorang pejabat militer AS, yang berbicara dengan syarat anonim.

Berbicara kepada wartawan setelah perjalanannya ke Ukraina, Austin mengatakan: "Mereka bisa menang jika mereka memiliki peralatan yang tepat, dukungan yang tepat."

Pertemuan itu, yang bertujuan untuk memastikan aliran bantuan semacam itu, berlangsung di Ramstein, sebuah pangkalan udara luas di barat daya Frankfurt yang hanya beberapa bulan lalu bergulat dengan masuknya pengungsi Afghanistan setelah Taliban mengambil alih negara itu musim panas lalu.

Invasi Rusia 24 Februari ke Ukraina telah menewaskan ribuan orang, membuat jutaan orang kehilangan tempat tinggal dan menimbulkan kekhawatiran akan konfrontasi yang lebih luas antara Rusia dan Amerika Serikat, sejauh ini mereka adalah dua kekuatan nuklir terbesar di dunia.

Putin mengatakan "operasi militer khusus" di Ukraina diperlukan karena Amerika Serikat menggunakan Ukraina untuk mengancam Rusia dan Ukraina bersalah atas genosida terhadap orang-orang berbahasa Rusia.

Ukraina mengatakan sedang memerangi perampasan tanah oleh Rusia dan tuduhan genosida Putin adalah omong kosong. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home