Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 12:27 WIB | Senin, 20 Juni 2022

Konflik Etnis Meletus di Ethiopia, 200 Lebih Tewas

Seorang pria di ladang gandum yang dipanen di desa Hama Quuntushele dekat Bishoftu di wilayah Oromia, Ethiopia. (Foto: dok. Tony Karumba/AFP via Getty Images)

ADIS ABABA, SATUHARAPAN.COM-Saksi mata di Ethiopia mengatakan pada hari Minggu (19/6) bahwa lebih dari 200 orang, sebagian besar etnis Amhara, tewas dalam serangan di wilayah Oromia di negara itu, dan menyalahkan kelompok pemberontak. Namun kelompok pemberontak menyangkalnya.

Ini adalah salah satu serangan paling mematikan dalam ingatan baru-baru ini ketika ketegangan etnis berlanjut di negara terpadat kedua di Afrika.

“Saya telah menghitung 230 mayat. Saya khawatir ini adalah serangan paling mematikan terhadap warga sipil yang pernah kita lihat dalam hidup kita,” kata Abdul-Seid Tahir, seorang penduduk daerah Gimbi, kepada The Associated Press, setelah nyaris lolos dari serangan pada hari Sabtu.

“Kami mengubur mereka di kuburan massal, dan kami masih mengumpulkan mayat. Unit tentara federal sekarang telah tiba, tetapi kami khawatir serangan itu dapat berlanjut jika mereka pergi.”

Saksi lain, yang hanya memberikan nama depannya, Shambel karena khawatir akan keselamatannya, mengatakan bahwa komunitas Amhara setempat sekarang dengan putus asa berusaha untuk dipindahkan ke tempat lain "sebelum putaran pembunuhan massal lainnya terjadi."

Dia mengatakan etnis Amhara yang menetap di daerah itu sekitar 30 tahun yang lalu dalam program pemukiman kembali sekarang "dibunuh seperti ayam."

Kedua saksi menyalahkan Tentara Pembebasan Oromo (OLA) atas serangan tersebut. Dalam sebuah pernyataan, pemerintah daerah Oromia juga menyalahkan OLA, dengan mengatakan pemberontak menyerang "setelah tidak mampu melawan operasi yang diluncurkan oleh pasukan keamanan (federal)."

Seorang juru bicara OLA, Odaa Tarbii, membantah tuduhan tersebut. “Serangan yang Anda maksudkan dilakukan oleh militer rezim dan milisi lokal saat mereka mundur dari kamp mereka di Gimbi setelah serangan kami baru-baru ini,” katanya dalam sebuah pesan kepada AP.

“Mereka melarikan diri ke daerah bernama Tole, di mana mereka menyerang penduduk setempat dan menghancurkan properti mereka sebagai pembalasan atas dukungan yang mereka rasakan untuk OLA. Pejuang kami bahkan belum mencapai daerah itu ketika serangan terjadi.”

Etiopia mengalami ketegangan etnis yang meluas di beberapa wilayah, sebagian besar karena masalah sejarah dan ketegangan politik. Orang-orang Amhara, kelompok etnis terbesar kedua di antara lebih dari 110 juta penduduk Ethiopia, telah sering menjadi sasaran di daerah-daerah seperti Oromia.

Komisi Hak Asasi Manusia Ethiopia yang ditunjuk pemerintah pada hari Minggu (19/6) meminta pemerintah federal menemukan "solusi abadi" untuk pembunuhan warga sipil dan melindungi mereka dari serangan semacam itu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home