Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:57 WIB | Minggu, 23 Mei 2021

Kongo: Gunung Nyiragongo Meletus

Kongo: Gunung Nyiragongo Meletus
Dua orang terlihat siluet di langit malam yang berubah menjadi merah akibat letusan Gunung Nyiragongo, di Goma, Kongo, hari Sabtu (22/5). (Foto-foto: AP/Justin Kabumba)
Kongo: Gunung Nyiragongo Meletus
Orang-orang mengungsi dengan barang-barang mereka setelah letusan Gunung Nyiragongo, di Goma, Kongo, hari Sabtu (22/5).

GOMA, SATUHARAPAN.COM-Gunung Nyiragongo di Kongo meletus untuk pertama kalinya dalam hampir dua dekade pada hari Sabtu (22/5) , mengubah langit malam menjadi merah menyala dan memuntahkan lahar ke jalan raya. Penduduk yang panik mencoba melarikan diri dari Goma, kota berpenduduk hampir dua juta jiwa.

Belum ada informasi langsung mengenai korban, tetapi saksi mengatakan bahwa lahar telah menelan satu jalan raya yang menghubungkan Goma dengan kota Beni di Provinsi Kivu Utara.

Letusan terakhir Gunung Nyiragongo, pada tahun 2002, menyebabkan ratusan orang tewas dan landasan pacu Bandar udara dilapisi dengan lahar. Lebih dari 100.000 orang kehilangan tempat tinggal setelah kejadian tersebut, menambah ketakutan di Goma pada Sabtu malam.

"Kami sudah berada dalam psikosis total," kata penduduk Zacharie Paluku kepada The Associated Press. “Setiap orang takut; orang melarikan diri. Kami benar-benar tidak tahu harus berbuat apa. "

Presiden Kongo, Felix Tshisekedi, mengatakan dia akan pulang pada hari Minggu (23/5) dari Eropa lebih awal dari yang direncanakan untuk membantu mengoordinasikan upaya bantuan.

Pemerintah mengatakan rencana evakuasi sedang diaktifkan, tetapi pengumuman resmi datang beberapa jam setelah langit berubah menjadi merah menyala, dan banyak yang telah melarikan diri dengan berjalan kaki dengan harapan melintasi pos perbatasan Rwanda di luar kota.

Otoritas imigrasi Rwanda melaporkan bahwa sekitar 3.000 orang telah secara resmi menyeberang dari Kongo untuk menghindari letusan gunung berapi tersebut, menurut penyiar nasional.

Misi penjaga perdamaian PBB yang dikenal sebagai MONUSCO men-tweet rekaman dramatis kota itu, mengatakan pihaknya melakukan penerbangan pengintaian di atas Goma di mana ia mempertahankan pangkalan besar. “Lahar itu sepertinya tidak menuju ke kota Goma. Kami tetap waspada,” katanya.

Beberapa mencari perlindungan di atas perahu di Danau Kivu, sementara yang lain melarikan diri ke Gunung Goma, titik tertinggi di wilayah metropolitan. Dorcas Mbulayi meninggalkan rumahnya sekitar satu jam setelah gunung berapi itu pertama kali menunjukkan tanda-tanda meletus.

“Kami sedang makan ketika seorang teman ayah meneleponnya dan menyuruhnya pergi dan melihat ke luar,” kata Mbulayi, yang masih anak-anak saat terakhir kali gunung meletus. "Ayah memberi tahu kami bahwa gunung berapi itu sedang meletus dan kami akan pergi ke Gunung Goma untuk menghindari lahar dari gunung tersebut."

Dia juga menyalahkan pihak berwenang "karena tidak memberi tahu kami tepat waktu tentang kemungkinan letusan gunung berapi." Kurangnya pengumuman langsung dari pihak berwenang dan informasi simpang siur yang beredar di media sosial hanya menambah rasa kekacauan di Goma.

 

Pihak berwenang di Observatorium Gunung Api Goma awalnya mengatakan itu adalah gunung berapi Nyamulagira di dekatnya yang telah meletus. Kedua gunung berapi itu berjarak sekitar 13 kilometer.

Ahli vulkanologi, Charles Balagizi, mengatakan laporan observatorium itu didasarkan pada arah aliran lava, yang mengarah ke Rwanda, bukan Goma.

Goma terletak di sepanjang perbatasan antara Kongo dan negara tetangga Rwanda, dan merupakan pusat regional bagi banyak badan kemanusiaan di wilayah tersebut, serta misi penjaga perdamaian PBB yang dikenal sebagai MONUSCO.

Gunung berapi yang meletus juga berada di dekat Taman Nasional Virunga, rumah bagi beberapa gorila gunung terakhir di dunia. Meskipun Goma adalah rumah bagi banyak penjaga perdamaian dan pekerja bantuan PBB, sebagian besar wilayah Kongo timur di sekitarnya juga berada di bawah ancaman dari berbagai kelompok bersenjata yang berlomba-lomba untuk menguasai sumber daya mineral di kawasan itu. (AP

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home