Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:20 WIB | Sabtu, 25 Juni 2022

Korban Tewas Gempa Bumi di Afghanistan Bertambah Menjadi 1.150

Seorang pria berdiri di antara kehancuran setelah gempa bumi di desa Gayan, di Provinsi Paktika, Afghanistan, Kamis, 23 Juni 2022. (Foto: AP/Ebrahim Nooroozi)

GAYAN, SATUHARAPAN.COM-Jumlah korban tewas akibat gempa bumi dahsyat di Afghanistan terus bertambah beberapa hari setelah gempa itu mengubah rumah-rumah dari batu bata menjadi puing-puing, menewaskan 1.150 orang dan melukai lebih banyak lagi, menurut angka terbaru yang dimuat di media pemerintah, hari Jumat (24/6).

Negara berpenduduk 38 juta orang itu sudah berada di tengah-tengah krisis ekonomi yang melonjak yang telah menjerumuskan jutaan orang ke dalam kemiskinan dengan lebih dari satu juta anak berisiko kekurangan gizi parah.

Gempa berkekuatan 6,1 pada hari Rabu yang melanda pada malam hari ketika orang-orang sedang tidur meninggalkan ribuan orang tanpa tempat berlindung dan membuat fokus yang tajam terhadap kebutuhan negara yang semakin meningkat. 

Afghanistan tetap terputus dari sistem moneter internasional, dan kelompok-kelompok bantuan menyesalkan harus membayar staf lokal dengan tas uang tunai yang dikirimkan dengan tangan karena negara-negara menolak untuk berurusan langsung dengan Taliban.

Organisasi bantuan seperti Bulan Sabit Merah lokal dan Program Pangan Dunia telah turun tangan untuk membantu keluarga yang paling rentan dengan makanan dan kebutuhan darurat lainnya seperti tenda dan alas tidur di Provinsi Paktika, pusat gempa, dan provinsi tetangga, Khost.

Namun, penduduk tampaknya sebagian besar sendirian untuk menghadapi akibatnya ketika pemerintah baru mereka yang dipimpin Taliban dan komunitas bantuan internasional berjuang untuk mendapatkan bantuan.

Jalan pegunungan yang buruk menuju ke daerah yang terkena dampak diperburuk oleh kerusakan dan hujan. Penduduk desa telah mengubur mayat mereka dan menggali puing-puing dengan tangan untuk mencari korban selamat.

Direktur Taliban dari Kantor Berita Bakhtar yang dikelola pemerintah mengatakan pada hari Jumat jumlah korban tewas telah meningkat menjadi 1.150 orang dari laporan sebelumnya 1.000 tewas. Abdul Wahid Rayan mengatakan sedikitnya 1.600 orang terluka.

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan telah menyebutkan jumlah korban tewas mencapai 770 orang.

Tidak jelas bagaimana jumlah korban tewas dapat dicapai, mengingat sulitnya mengakses dan berkomunikasi dengan desa-desa yang terkena dampak. Entah jumlah korban yang mengerikan akan membuat gempa Afghanistan menjadi yang paling mematikan dalam dua dekade.

Media pemerintah melaporkan bahwa hampir 3.000 rumah hancur atau rusak parah. Di Kabupaten Gayan, sedikitnya 1.000 rumah rusak akibat gempa, dan 800 rumah lainnya di distrik Spera di provinsi Khost juga rusak.

Sementara bangunan modern menahan gempa berkekuatan 6,1 di tempat lain, rumah bata lumpur Afghanistan dan pegunungan rawan longsor membuat gempa seperti itu lebih berbahaya.

Jalan-jalan di daerah tersebut beraspal sangat buruk dan sulit untuk dilalui sehingga beberapa desa di Distrik Gayan membutuhkan waktu sehari penuh untuk mencapai dari Kabul, meskipun jaraknya hanya 175 kilometer (110 mil).

Di desa-desa di seluruh distrik Gayan, yang dikunjungi oleh wartawan Associated Pressselama berjam-jam pada hari Kamis, keluarga yang menghabiskan malam dalam hujan sebelumnya di tempat terbuka mengangkat potongan-potongan kayu dari atap yang runtuh dan menarik batu dengan tangan, mencari orang-orang terkasih yang hilang. Pejuang Taliban mengedarkan kendaraan di daerah itu, tetapi hanya sedikit yang terlihat membantu menggali puing-puing.

Hanya ada sedikit tanda alat berat, hanya satu buldoser yang terlihat sedang diangkut. Ambulans disirkulasikan, tetapi hanya sedikit bantuan lain bagi mereka yang masih hidup. Seorang anak laki-laki berusia 6 tahun di Gayan menangis ketika dia mengatakan bahwa orang tuanya, dua saudara perempuan dan seorang saudara laki-laki semuanya telah meninggal. Dia telah melarikan diri dari reruntuhan rumahnya sendiri dan berlindung dengan tetangga.

Banyak lembaga bantuan internasional menarik diri dari Afghanistan ketika Taliban merebut kekuasaan Agustus lalu. Mereka yang tersisa berebut untuk mendapatkan pasokan medis, makanan, dan tenda ke daerah terpencil yang dilanda gempa. 

Jerman, Norwegia, dan beberapa negara lain mengumumkan bahwa mereka mengirim bantuan untuk korban gempa, tetapi menggarisbawahi bahwa mereka hanya akan bekerja melalui badan-badan PBB, bukan dengan Taliban, yang belum diakui secara resmi oleh pemerintah. 

Negara-negara telah meminta Taliban untuk pertama-tama menangani masalah hak asasi manusia, terutama hak dan kebebasan perempuan dan anak perempuan Afghanistan.

Komite Penyelamatan Internasional memiliki tim kesehatan darurat di dua provinsi untuk memberikan pertolongan pertama yang penting dan mengatakan bahwa mereka memberikan dukungan tunai kepada keluarga yang kehilangan rumah dan mata pencaharian mereka akibat gempa. Organisasi, yang telah beroperasi di Afghanistan sejak 1988, menyerukan peta jalan internasional untuk akhirnya melepaskan cadangan devisa Afghanistan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home