Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 19:02 WIB | Senin, 08 Februari 2021

Korea Selatan Sediakan Tes COVID-19 untuk Hewan Peliharaan

Anak anjing dan kucing. (Foto ilustrasi: dok. Ist.)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM-Kucing dan anjing peliharaan yang mengalami demam, batuk, atau kesulitan bernapas akan disarankan menjalani tes virus corona jika mereka terpapar oleh pembawa, kata pemerintah metropolitan Seoul, hari Senin (8/2).

Program di ibu kota Korea Selatan yang luas itu dilakukan beberapa pekan setelah negara itu melaporkan kasus pertama infeksi COVID-19 pada hewan, yang melibatkan seekor anak kucing.

"Mulai hari ini, pemerintah metropolitan Seoul akan menawarkan tes virus corona untuk anjing dan kucing peliharaan," kata Park Yoo-mi, pejabat kota Seoul yang menangani pengendalian penyakit, kepada wartawan.

Tes akan dibatasi pada hewan peliharaan yang menunjukkan gejala antara lain demam, batuk, kesulitan bernapas, dan hidung meler, setelah melakukan kontak dengan manusia yang dinyatakan positif, tambahnya.

Tes akan dilakukan di dekat rumah hewan oleh tim petugas kesehatan termasuk dokter hewan, kata Park.

Hewan yang dites positif akan diminta untuk diisolasi di rumah selama 14 hari, tetapi jika pemilik terpapar virus, hewan peliharaan mereka akan dikirim ke kandang atau kandang terpisah. Pasien (manusia) COVID-19 di Korea Selatan biasanya diisolasi di fasilitas karantina pusat, jika tidak membutuhkan perawatan rumah sakit.

Di seluruh dunia, beberapa hewan, termasuk anjing dan kucing, dinyatakan positif terkena virus corona, yang telah menewaskan lebih dari dua juta orang di seluruh dunia.

Setidaknya dua gorila di Kebun Binatang San Diego California dinyatakan positif terkena virus bulan lalu, diyakini ditularkan dari pekerja kebun binatang yang terpapar tetapi tanpa gejala.

Di Denmark, penghasil bulu cerpelai terbesar di dunia, wabah versi mutasi dari virus corona di peternakan bulu cerpelai tahun lalu mendorong pemusnahan semua cerpelai di negara itu. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home