Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 23:38 WIB | Senin, 27 April 2020

Korsel: Kim Jong Un "Hidup dan Sehat"

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. (Foto: dok. Ist)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM-Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, "hidup dan sehat," kata seorang penasihat keamanan utama untuk Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in,  dan mengecilkan rumor tentang kesehatan Kim setelah ketidakhadirannya dari peringatan ulang tahun kakeknya, Kim Il Sung.

Dugaan tentang kesehatan Kim berkembang sejak ketidakhadirannya yang mencolok pada perayaan 15 April untuk ulang tahun pendiri Korea Utara, dan merupakan hari terpenting dalam kalender politik negara itu.

"Posisi pemerintah kita tegas," kata penasihat khusus presiden tentang keamanan nasional, Moon Chung-in, dalam sebuah wawancara dengan CNN pada hari Minggu (26/4). "Kim Jong Un masih hidup dan sehat."

Penasihat mengatakan bahwa Kim tinggal di Wonsan, sebuah kota resor di timur negara itu, sejak 13 April. "Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi," katanya.

Kim belum muncul ke publik sejak memimpin pertemuan politbiro Partai Pekerja pada 11 April, dan hari berikutnya media pemerintah melaporkan dia memeriksa jet tempur di unit pertahanan udara.

Absennya dia menyebabkan serangkaian laporan media yang belum dikonfirmasi tentang kondisinya, yang sebelumnya para pejabat di Seoul bersikap dingin. "Kami tidak memiliki apa-apa untuk mengkonfirmasi dan tidak ada gerakan khusus yang terdeteksi di dalam Korea Utara sampai sekarang," kata kantor kepresidenan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan pekan lalu. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home