Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:07 WIB | Sabtu, 20 November 2021

Korsel Selenggarakan Ujian Masuk Universitas di Tengah Lonjakan Kasus COVID-19

Seorang siswa (kiri) memeluk ibunya sebelum memasuki sekolah menengah untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi di Seoul, Korea Selatan, hari Kamis, 18 November 2021. Sekitar 510.000 siswa SMA dan lulusan di seluruh negeri diperkirakan akan mengikuti College Scholastic Tes Kemampuan. (Foto: AP/Ahn Young-joon)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM-Korea Selatan melaporkan lonjakan harian terbesar infeksi virus corona sejak awal pandemi ketika ratusan ribu siswa menuju sekolah pada Kamis (18/11) untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi yang sangat kompetitif di negara itu. Ini menimbulkan kekhawatiran yang berkembang tentang varian delta yang kemungkinan menyebar.

Sekitar 509.000 siswa mengikuti ujian pada satu hari di 1.395 lokasi di seluruh negeri, termasuk rumah sakit dan tempat penampungan.

Ujian tahunan, yang disebut “Suneung,” atau Tes Kemampuan Skolastik Perguruan Tinggi, sangat penting di negara yang terobsesi dengan pendidikan, di mana karier, status sosial, dan bahkan prospek pernikahan sangat bergantung pada universitas mana seseorang masuk.

Siswa diminta untuk mengukur suhu tubuh mereka sebelum memasuki ruang kelas, dan mereka yang demam dikirim ke area pengujian terpisah. Kementerian Pendidikan mengatakan bahwa 68 siswa yang terinfeksi dan 105 lainnya dalam karantina sendiri mengikuti tes selama berjam-jam secara terpisah.

Sebanyak 3.292 kasus baru yang dilaporkan oleh Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea pada hari Kamis (18/11) menandai hari kedua berturut-turut lebih dari 3.000 kasus baru. Badan itu mengatakan 29 pasien meninggal dalam 24 jam terakhir, sehingga jumlah kematian menjadi 3.187, sementara 506 lainnya dalam kondisi serius atau kritis.

Untuk mengurangi kebisingan, otoritas transportasi berencana untuk sementara menghentikan pendaratan dan keberangkatan pesawat di bandara selama bagian tes dengan mendengarkan bahasa Inggris.

Kantor-kantor pemerintah dan perusahaan swasta meminta karyawan mereka datang lebih lambat, dan pasar saham negara itu menunda pembukaannya satu jam untuk melonggarkan jalan bagi para peserta ujian.

“(Siswa) tidak diberi kelas yang layak (karena COVID-19) dan saya sering melihat anak saya sangat khawatir dan berjuang,” kata Seo Kwang-sun, ibu dari peserta tes di Seoul.

Sementara sekolah telah berganti-ganti antara kelas on-dan-offline, Kementerian Pendidikan telah merencanakan pengembalian penuh ke ruang kelas mulai pekan depan untuk membantu mengurangi kesenjangan pendidikan dan menyelaraskan dengan strategi penanganan virus pemerintah.

Para pejabat melonggarkan aturan jarak sosial mulai bulan ini dalam apa yang mereka gambarkan sebagai langkah pertama menuju pemulihan beberapa keadaan normal pra pandemi.

Terkait kebijakan mengizinkan pertemuan sosial yang lebih besar dan jam makan dalam ruangan yang lebih lama di restoran, para pejabat mengutip kekhawatiran tentang dampak pandemi terhadap ekonomi dan menyatakan harapan bahwa peningkatan tingkat vaksinasi akan menjaga rawat inap dan kematian turun bahkan jika virus terus menyebar.

Tetapi ada peningkatan kasus serius dan kematian di antara orang tua yang menolak vaksin atau yang kekebalannya berkurang setelah disuntik di awal kampanye imunisasi massal yang dimulai pada akhir Februari, yang memicu pertanyaan tentang apakah keputusan untuk melonggarkan pembatasan virus terlalu dini.

Sejauh ini, para pejabat tidak mengeluarkan rencana untuk memberlakukan kembali langkah-langkah jarak sosial yang lebih ketat atau menunda pembukaan kembali sekolah secara penuh. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home