Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 10:47 WIB | Rabu, 18 Desember 2019

Kota Bogor Kini Punya Kampung Inggris

Wali Kota Bogor, Bima Arya, meresmikan Sempur English Camp (SECA) di Kelurahan Sempur, Bogor Tengah, pada Sabtu, 14 Desember lalu. (Foto: kotabogor.go.id)

BOGOR, SATUHARAPAN.COM – Ingat Kampung Inggris, ingat Pare, di Kediri, Jawa Timur. Disebut Kampung Inggris karena tempat itu tempat seseorang belajar bahasa Inggris.

Kini, Kampung Inggris bisa dijumpai di Kota Bogor. Tepatnya, di Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah.

Salah satu kampung tematik baru di Kota Hujan itu diresmikan langsung Wali Kota Bogor, Bima Arya, didampingi Lurah Sempur, Marissa, pada Sabtu, 14 Desember lalu.

Pada acara peresmian tersebut, Bima Arya sempat menjawab sejumlah pertanyaan dalam bahasa Inggris yang dilontarkan Tio, salah satu siswa Sempur English Camp (SECA) yang masih duduk di bangku TK.

Selain itu, pada kesempatan tersebut Bima Arya juga menyempatkan diri mengajarkan bahasa Inggris dan bermain ice breaking bersama dengan murid serta tenaga pengajar.

Sebagai wali kota, Bima Arya mengatakan memiliki tanggung jawab tidak hanya menyelesaikan persoalan yang dihadapi warga Kota Bogor, tetapi juga mempersiapkan generasi muda dalam menjemput dan mempersiapkan masa depannya.

“Dengan bekal yang diberikan Sempur English Camp, saya berharap Sempur sanggup menyambut wisatawan asing yang akan datang berkunjung. Jadi, nantinya anak-anak ini yang akan menyambut dan menjadi guide (pemandu). Program ini tidak boleh berhenti tetapi harus jalan terus, siapa pun nanti lurahnya,” kata Bima, seperti dilansir situs resmi kotabogor.go.id.

Menyelesaikan Persoalan Kemiskinan

Lurah Sempur, Marissa menerangkan, pembentukan Kampung Inggris Sempur atau Sempur English Camp (SECA) dilatarbelakangi upaya dalam menyelesaikan persoalan kemiskinan di Kelurahan Sempur, sesuai misi Kota Bogor mewujudkan kota yang sejahtera. Jumlah  warga di kelurahan itu 415 keluarga, berdasarkan data dari Kementerian Sosial.

“Salah satu cara yang kami pilih, melalui pendidikan, yakni melalui program Kampung Inggris Sempur atau Sempur English Camp,” ujarnya.

Ia berharap, jika anak-anak sejak usia dini diajarkan bahasa Inggris dan berkembang baik, mereka akan memiliki modal berupa skill berbahasa asing, yang kelak akan membantu dan memudahkan dalam mencari pekerjaan.

Dalam peresmian tersebut dihadirkan 140 murid Sempur English Camp yang masih duduk di bangku TK atau SD yang merupakan warga Kelurahan Sempur dari 7 RW, sebagai awalan. Murid-murid tersebut nantinya diharapkan bisa membantu mengajarkan bahasa Inggris kepada para orang tua dan warga sekitar.

“Pengembangan Kampung Inggris Sempur sudah dipersiapkan sejak 4 bulan lalu. Saat ini kamp yang sudah terbentuk ada lima, yakni di RW. 3,5,6,7 dan di kantor Kelurahan Sempur. Selain itu akan dibuatkan sistem, sehingga ketika nantinya pemimpin berganti, program ini terus berjalan,” kata Marissa.

Ia menambahkan, Kampung Inggris Sempur berhasil meraih gelar juara pertama tingkat Kota Bogor dalam program pengentasan kemiskinan dan akan mengikuti ajang yang sama di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Ketua Sempur English Camp, Royno Soleh Mayang menambahkan, pembentukan kamp itu merupakan respons keprihatinan dihapusnya mata pelajaran bahasa Inggris dari kurikulum SD. Di samping itu masih banyak masyarakat menengah ke bawah yang belum terlayani dalam memperoleh kursus bahasa inggris.

Melalui swadaya ia bersama mitra terkait lainnya mencoba memberikan kursus bahasa Inggris, terutama bagi pelajar SD. “Semoga melalui keberadaan Sempur English Camp ini generasi muda Sempur khususnya memiliki kualitas yang lebih unggul,” ia berharap.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home