Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:38 WIB | Senin, 14 Januari 2019

Kota Tertua di Bulgaria Dinobatkan Sebagai Ibu Kota Budaya Eropa

Ilustrasi. Plovdiv, Bulgaria, adalah salah satu kota tertua di Eropa dengan sejarahnya sekitar 6.000 SM. Kota kuno ini menawarkan reruntuhan Romawi dan Kota Tua yang menakjubkan dari rumah-rumah berbingkai kayu dan jalan-jalan berbatu. (Foto: secret-travel.guide)

BULGARIA, SATUHARAPAN.COM – Plovdiv, kota tertua di Bulgaria, diresmikan sebagai Ibu Kota Budaya Eropa untuk 2019, Kantor Berita Associated Press melaporkan.

Sekitar 50.000 orang berkumpul di sebuah alun-alun, Sabtu (12/1), untuk menonton upacara pembukaan yang dijuluki "Kita semua berwarna" dengan 1.500 artis lokal dan asing di beberapa panggung.

Terletak di antara Balkan dan Pegunungan Rodopi, kota terbesar kedua Bulgaria itu telah bertahan selama ribuan tahun di persimpangan antara Eropa Barat dan Timur Tengah.

Plovdiv mengklaim sebagai kota Eropa tertua yang terus dihuni, dengan sejarah selama lebih dari 6.000 tahun. Buktinya bisa dilihat dari banyak bangunan penting sejak zaman Thrakia, Yunani, Romawi, Bizantium, dan Ottoman.

Plovdiv adalah kota Bulgaria pertama yang menjadi sebuah ibu kota budaya Eropa. Gelar yang sama juga dimiliki oleh Kota Matera di Italia. (Voaindonesia.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home