Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 08:07 WIB | Kamis, 04 September 2014

KPK Ajak Sineas Berantas Korupsi Lewat Film

Logo Anti-Corruption Film Festival (ACFFest). (Foto: moviegoersmagazine.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama United States Agency for International Development (USAID) dan Management Systems International (MSI) ajak sineas Indonesia membuat sebuah ajang Anti-Corruption Film Festival (ACFFest).

ACFFest merupakan sebuah ajang bagi filmmakers, pelajar, dan masyarakat umum untuk menyebarluaskan pesan pemberantasan korupsi melalui sebuah film. Film merupakan suatu media yang terbukti dapat menggugah perasaan penonton melalui nilai-nilai yang disampaikan secara implisit. Melalui film, berbagai komunitas juga dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman di bidangnya masing-masing serta menuangkan ide-ide kreatifnya dalam upaya pemberantasan korupsi.

ACFFest pertama digelar serentak di sejumlah kota, antara lain, Jakarta, Padang Panjang, Malang, Balikpapan, dan Palu pada 2013 lalu. Tahun ini, ACFFest kembali digelar dan puncaknya akan diselenggarakan di Yogyakarta pada Desember mendatang. Panitia ACFFest tahun ini juga akan membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mengirimkan karya berupa film fiksi pendek, film dokumenter pendek, film animasi pendek, dan video Citizen Journalism yang mengandung pesan-pesan kejujuran, integritas, transparansi, serta perlawanan terhadap korupsi. Pendaftaran ajang film ini telah dibuka pada 20 Mei – 31 Oktober 2014 dengan ketentuan yang dapat diakses di laman www.acffect.org.

Dari masing-masing kategori film yang dilombakan tersebut, tim juri independen yang terdiri atas para tokoh, pakar film, dan sutradara Indonesia akan menyeleksi film-film yang masuk. Pengumuman pemenang akan dibacakan saat acara Malam Penganugrahan ACFFest 2014 di Yogyakarta Desember mendatang.

Untuk menyemarakkan ajang tersebut, panitia akan menggelar  roadshow dan workshop video Citizen Journalism di beberapa kota, seperti Jakarta, Bandung, Palembang, Purbalingga, Yogyakarta, Malang, Makassar, Manado, Mataram, dan Bali selama bulan Agustus hingga September.

ACFFest ini juga merupakan rangkaian acara Hari Peringatan Anti-Korupsi Internasional (HAKI).

ACFFest 2014 hadir dengan tema ‘face fact, act today’. Tema ini diharapkan mampu menjadi slogan baru bagi kaum muda untuk lebih berani memberantas ‘penyakit’ kronis yang dialami negeri ini. 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home