Loading...
FOTO
Penulis: Elvis Sendouw 19:59 WIB | Rabu, 16 April 2014

KPU: 770 TPS Lakukan Pemungutan Suara Ulang

KPU: 770 TPS Lakukan Pemungutan Suara Ulang
Petugas PPS menerawang surat suara di hadapan saksi saat perhitungan suara seusai pemungutan suara ulang bagi calon legislatif DPRD Provinsi Bali Pemilu 2014 di Kelurahan Sesetan, Denpasar, Bali, Selasa (15/4). Sebanyak 11 TPS di kota Denpasar dan 16 TPS di 4 kabupaten lainnya di Bali setelah pemungutan suara ulang, kembali akan melanjutkan rekapitulasi suara Pemilu 2014 setelah sempat dihentikan sementara karena tertukarnya surat suara pada pemungutan suara 9 April lalu. (Foto-foto: Antara)
KPU: 770 TPS Lakukan Pemungutan Suara Ulang
Sejumah saksi dari partai politik dan calon legislatif mencatat hasil rekapitulasi hasil Pemilu Legislatif 2014 di Kelurahan Pemecutan, Denpasar, Bali, Jumat (11/4).
KPU: 770 TPS Lakukan Pemungutan Suara Ulang
Polisi mengawal petugas menurunkan kotak berisi surat suara dan hasil rekapitulasi pemilu legislatif asal Pulau Aceh di pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Jumat (11/4). Sebanyak 68 kotak logistik hasil pemilu Pulau Aceh diangkut dengan kapal itu akan dikirim ke kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) wilayah Kabupaten Aceh Besar untuk dilakukan rekap ulang.
KPU: 770 TPS Lakukan Pemungutan Suara Ulang
Komisioner Bawaslu Aceh, Zuraida Alwi saat menemui aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang tergabung dalam Konsorsium Pemilu Bersih Aceh (KPBA) yang menggelar unjuk rasa di depan Sekretariat Bawaslu Provinsi Aceh, Banda Aceh, Senin (14/4). Aktivis KPBA mendesak Bawaslu dan pihak berwenang untuk menindak tegas caleg atau parpol yang melanggar aturan pemilu legislatif 2014.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Komisi Pemilihan Umum hingga Senin (14/4), mencatat sedikitnya 770 tempat pemungutan suara di 107 kabupaten-kota, yang berada di 30 provinsi, harus menggelar pemungutan suara ulang dengan alasan surat suara tertukar pada hari pemungutan.

Menurut Kepala Bagian Inventarisasi Sarana dan Prasarana Biro Logistik Komisi Pemilihan Umum, Susila Hery Prabowo, tidak semua KPU kabupaten-kota meminta tambahan logistik surat untuk keperluan pemungutan suara ulang.

"TPS yang harus pemungutan suara ulang itu agak banyak di Kabupaten Maluku Tengah. Baru saja ada yang meminta untuk surat suara tambahan dari (KPU) Kabupaten Gunung Mas," kata Hery ditemui di Gedung KPU Pusat Jakarta.

Dia menjelaskan sebagian besar permintaan KPU kabupaten-kota terhadap permintaan surat suara tambahan untuk pemungutan suara ulang itu sudah dikirimkan ke masing-masing kabupaten-kota.

Dari 33 provinsi, hanya tiga di antaranya yang tidak ada pemungutan suara ulang di TPS, yaitu Provinsi Papua Barat, Gorontalo dan Sulawesi Tenggara.

"Terakhir ada laporan masuk dari Maluku Utara, tetapi masih dikonfirmasi lagi berapa jumlah TPS dan surat suara yang diperlukan untuk pemungutan suara ulang," katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Pusat Arief Budiman mengatakan pelaksanaan pemungutan dan rekapitulasi penghitungan surat suara ulang sebaiknya diselesaikan Selasa (15/4). Dia juga mengklaim pelaksanaan pemungutan suara ulang hingga Senin siang dilaporkan berjalan lancar.

"Pemungutan suara ulang sampai hari ini tidak ada laporan gagal, semua berjalan lancar. Hanya sampai sekarang kami belum tahu berapa TPS yang sudah dan berapa yang belum. Setelah 15 April mungkin baru diketahui," jelas Arief Budiman.

Pemungutan suara ulang di ratusan TPS tersebut terjadi akibat ditemukannya surat suara yang seharusnya tidak diperuntukkan TPS tersebut. Hal itu diketahui antara lain ketika proses pencoblosan oleh pemilih berlangsung di bilik suara dan saat proses penghitungan perolehan suara di TPS. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home