Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 16:49 WIB | Kamis, 16 Maret 2017

KPU DKI Catat 21.000 Pemilih Baru

Tim pemenangan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI nomor urut dua Charles Honoris (kedua kiri) dan Ace Hasan Syadzily (ketiga kiri) dan Pasangan nomor urut tiga Anies Baswedan (ketiga kanan) dan Sandiga Uno (kedua kanan) mengangkat nomor urut disaksikan Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno (kiri) saat rapat pleno terbuka di Jakarta, Sabtu (4/3). Rapat pleno terbuka tersebut beragendakan enetapkan peserta pemilihan dan peluncuran pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 putaran kedua. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta mencatat ada sebanyak 21.000 pemilih baru yang akan ikut melakukan pencoblosan dalam putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

"Ada 21.000 pemilih baru yang akan ikut pencoblosan Pilkada putaran kedua. Para pemilih itu baru berulang tahun ke-17, dihitung dari jangka waktu 16 Februari sampai 19 April 2017," kata Kepala Bidang Pemutakhiran Data KPU DKI, Moch Sidik, di Jakarta, hari Kamis (16/3).

Selain itu, menurut dia, sejauh ini KPU DKI mencatat ada pemilih tambahan, diantaranya dari Wilayah Jakarta Selatan sebanyak 12.000 orang, Jakarta Barat 4.900 orang, dan Jakarta Timur sekitar 4.600 orang.

"Pemilih tambahan itu dihitung dari warga yang datang ke posko-posko kami, yakni di apartemen, kantor kelurahan dan lain-lain. Ini masih data sementara, dari wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat juga kami belum dapat datanya," ujar Sidik.

Para pemilih tambahan itu, dia menuturkan, akan dimasukkan kedalam Daftar Pemilih Sementara (DPS). Lalu, pada tanggal 22 hingga tanggal 28 Maret 2017, KPU DKI akan meminta respon atau tanggapan dari masyarakat atas DPS tersebut.

"Jadi, ada pedomannya, DPS itu harus dicek dulu supaya lebih konkrit. Dari DPS itu, masyarakat akan diminta untuk mengecek kembali, baik di posko, kantor kelurahan atau secara online (daring) apakah DPS itu sudah sesuai atau tidak," ucap Sidik.

KPU DKI Jakarta telah menetapkan dua pasangan Cagub dan Cawagub DKI Jakarta yang lolos ke putaran kedua Pilkada 2017, yaitu Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Masa kampanye putaran kedua dimulai pada tanggal 7 Maret hingga tanggal 15 April 2017. Kemudian, dilanjutkan dengan masa tenang hingga tanggal 18 April 2017. Sedangkan, hari pencoblosan akan jatuh pada tanggal 19 April 2017. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home