Loading...
SAINS
Penulis: Melki 17:22 WIB | Senin, 29 Mei 2023

Kru Shenzhou-16 Siap Lakukan Misi Stasiun Luar Angkasa

Tiga orang taikonaut China, yakni Jing Haipeng, Zhu Yangzhu, dan Gui Haichao akan melaksanakan misi penerbangan luar angkasa Shenzhou-16. Pesawat luar angkasa berawak Shenzhou-16 akan diluncurkan pada Selasa (30/5) pukul 09.31 Waktu Beijing atau 08.31 WIB dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di China barat laut. (Xinhua)

JIUQUAN, SATUHARAPAN.COM - Taikonaut China Jing Haipeng, Zhu Yangzhu, dan Gui Haichao akan melaksanakan misi penerbangan luar angkasa Shenzhou-16, dan Jing akan menjadi komandannya, demikian diumumkan Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA) dalam konferensi pers pada Senin (29/5).

Jing akan menjadi taikonaut pertama negara itu yang pergi ke luar angkasa untuk keempat kalinya. Sebelumnya dia pernah terlibat dalam misi Shenzhou-7 pada 2008 dan memimpin kru Shenzhou-9 serta Shenzhou-11 masing-masing pada 2012 dan 2016.

Sementara Zhu dan Gui akan melakukan perjalanan perdana mereka ke luar angkasa. Mereka merupakan anggota taikonaut gelombang ketiga China yang seleksinya rampung pada September 2020.

Zhu akan bertugas sebagai engineer penerbangan luar angkasa dalam misi Shenzhou-16. Gui merupakan profesor dari Universitas Beihang yang berbasis di Beijing, dan dirinya akan bekerja sebagai pakar muatan (payload expert) yang bertanggung jawab atas operasional di orbit untuk muatan eksperimen sains di stasiun ruang angkasa Tiangong China.

Pesawat luar angkasa berawak Shenzhou-16 akan diluncurkan pada Selasa (30/5) pukul 09.31 Waktu Beijing atau 08.31 WIB dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di China barat laut, kata Wakil Direktur CMSA Lin Xiqiang.

Shenzhou-16 akan menjadi misi berawak pertama setelah program stasiun luar angkasa China memasuki tahap aplikasi dan pengembangan.

Ketiga taikonaut itu akan tinggal di orbit selama sekitar lima bulan, ujar Lin dalam konferensi pers tersebut. (Xinhua)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home