Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 21:17 WIB | Senin, 24 April 2017

KSPSI Serukan Perayaan May Day 2017 Jaga NKRI

Ilustrasi. Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Bandung Raya berunjuk rasa menuntut pencabutan Peraturan Pemerintah No. 78 di depan Gedung Sate Bandung, Jawa Barat, hari Senin (24/10/2016). (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) menyerukan perayaan hari buruh internasional (May Day) 2017 dengan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan kebhinekaan.

"Keberagaman menjadi warna kehidupan masyarakat Indonesia, buruh harus ikut menjaga NKRI dan kebhinekaan sebagai harga mati," kata Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea di Jakarta, hari Senin (24/4).

Andi menekankan buruh menjadi kekuatan besar di Indonesia sehingga dapat terlibat menjaga persatuan dan kesatuan agar tidak terpecah belah.

Andi menyebutkan perayaan hari buruh internasional pada 1 Mei 2017 menggelar kegiatan sosial yang mendekatkan dengan masyarakat seperti donor darah, penyemprotan nyamuk demam berdarah dan perlombaan olahraga.

Puncak kegiatan May Day akan menggelar aksi unjukrasa dengan menyampaikan empat tuntutan di depan Istana Kepresidenan Jakarta Pusat pada hari Senin (1/5).

Tuntutan pertama yakni pemerintah memperbaiki sistem upah layak bagi buruh, kedua melawan setiap upaya pemberangusan serikat pekerja.

Pemerintah juga dituntut memperbaiki jaminan sosial dan terakhir pemerintah segera menyelesaikan masalah buruh PT Freeport yang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) termasuk melawan kriminalisasi terhadap Ketua PUK KEP SPSI Freeport Sudiro.

"Rayakan hari buruh dengan menjaga ketertiban dan tidak ada sweeping," kata Andi.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menyatakan pemerintah tidak dapat melarang buruh menyampaikan aspirasi.

Namun, penyampaian aspirasi harus menjaga keamanan dan ketertiban umum," tegas Hanif. (Ant)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home