Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 22:31 WIB | Selasa, 25 Maret 2014

KTT Arab Dukung Penolakan “Negara Yahudi”

Kursi kosong delegasi Suriah terlihat selama Arab Summit ke-25 di Kuwait City, 25 Maret 2014. Arab Saudi menyerukan oposisi utama Suriah (Syrian National Council/SNC) duduk di KTT Arab. Putra Mahkota Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz pada Selasa mengusulkan kepada Liga Arab untuk memberikan SNC sebagai wakil Suriah di KTT. (Foto: alarabiya.net)

KUWAIT CITY, SATUHARAPAN.COM - Para pemimpin Arab yang bertemu pada KTT Arab atau Arab Summit ke-25 di Kuwait, Selasa (25/3) diperkirakan akan mendukung penolakan Palestina untuk mengakui Israel sebagai negara Yahudi, tuntutan Israel yang dapat mengancam gagalnya perundingan damai.

Pertemuan Liga Arab tersebut menekankan “penolakan mutlak” terhadap tuntutan untuk mengakui Israel sebagai negara Yahudi, menurut rancangan pernyataan yang didukung oleh sejumlah menteri luar negeri.

Pernyataan tersebut juga menolak “semua tekanan yang diberikan kepada pemerintahan Palestina” untuk memaksa mereka menyetujui pengakuan tersebut.

Liga Arab telah menolak tuntutan tersebut, dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan dari markasnya di Kairo sebelumnya pada bulan ini.

Palestina mengakui negara Israel pada awal proses damai di awal 1990-an, namun Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bersikeras bahwa mereka kini mengakui karakter religius negara dan menyerah tentang “hak kembali” pengungsi Palestina.

Presiden Palestina Mahmud Abbas menegaskan bahwa dia tidak akan mengakui Israel sebagai negara Yahudi. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home