Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 05:11 WIB | Sabtu, 12 Oktober 2013

Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa: Van Persie Cemerlang, Bantu Belanda Bantai Hongaria

Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa: Van Persie Cemerlang, Bantu Belanda Bantai Hongaria
Robin Van Persie (kaus oranye) menyundul bola umpan silang Arjen Robben (foto-foto: fifa.com)
Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa: Van Persie Cemerlang, Bantu Belanda Bantai Hongaria
Robin Van persie meluapkan kegembiraan setelah mencetak gol.

AMSTERDAM, SATUHARAPAN.COM - Kecemerlangan penyerang milik klub Manchester United (MU), Robin Van Persie di level klub berlanjut pada penampilan di tim nasional Belanda saat dia membantu tim nasional Belanda menghajar Hongaria 8-1 pada kualifikasi Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Stadion Amsterdam Arena, Sabtu (12/10) dini hari

Catatan tersendiri bagi tim nasional Hungaria, karena kalau mampu mengalahkan Belanda, Hungaria tercatat bisa mengatasi tim yang memenangi tujuh dari delapan pertandingan di Grup D dan belum pernah kalah di kualifikasi Piala Dunia sejak 2001. Terakhir kali Belanda mengalami kekalahan di Amsterdam Arena pada (27/5/2012) 0-1 dari Bulgaria di Amsterdam Arena, pada pertandingan persahabatan.

Semangat Hungaria ditunjukkan pada menit ke-6, tatkala Bode nyaris membawa tim tamu unggul, Bode berada dalam posisi sendirian saat rekannya sesama gelandang Hungaria, Dzsudzsák memberi umpan kepada Bode, yang dilanjutkan dengan sepakan kaki kanan, namun masih bisa diblok kiper Radomel Bogdan.

Belanda tidak mau dipermalukan di hadapan 55.000 penonton yang memadati Stadion Amsterdam Arena, hal ini dibuktikan salah satu penyerang andalannya, Robin Van Persie yang berhasil menyarangkan si kulit bundar ke belakang gawang Hungaria, pada menit ke-16, Van Persie akhirnya membawa Belanda unggul lewat usahanya dari dalam kotak penalti usai menerima umpan dari rekannya, Jeremi Lens dan bola menjurus ke pojok kanan atas gawang. Belanda 1-0 Hongaria.

Belanda mendapat peluang lagi pada menit ke-24 setelah Van der Vaart melakukan satu dua sentuhan dengan Lens, yang diteruskan dengan sepakan dari tengah kotak penalti, namun masih melebar.

Belanda kembali unggul pada menit ke-25. Lens mengirim bola silang dari sisi kiri, yang sukses dimanfaatkan Strootman dengan sundulan kepala, dan bola mengarah ke pojok kiri gawang. Belanda 2-0 Hongaria.

Hongaria kian tidak berdaya pada menit ke-38, karena Belanda justru mampu melesakkan gol ketiga di babak pertama ini lewat aksi gelandang brilian, Lens, yang menuntaskan sepak pojok dengan sepakan kaki kirinya. Belanda 3-0 Hongaria. Van Persie sukses memanfaatkan bola hasil umpan dari rekannya gelandang Belanda, Arjen Robben dengan sundulan kepala. Belanda 4-0 Hongaria. Gol keempat tersebut tercipta tepat pada detik terakhir babak pertama usai.

Hongaria sempat bangkit pada menit ke-57, Hongaria mampu memperkecil kedudukan lewat eksekusi tendangan penalti yang dilakukan penyerang Hongaria, Dzsudzsak.

Skuat Belanda merespon dengan gol balasan di menit 53. Van Persie membukukan hattricknya di laga ini dengan tendangan keras kaki kiri dari dalam kotak penalti.

Gol bunuh diri Szilard Devecseri di menit 65 membuat Belanda memperbesar keunggulan mereka menjadi 6-1. Dan gol tersebut bukan merupakan gol terakhir dari tim tuan rumah.

Di menit 86, Rafael Van Der Vaart menyumbang satu gol lewat tendangan bebas. Robben juga menambah satu gol lagi empat menit kemudian, juga lewat tendangan bebas. Belanda akhirnya menang dengan skor meyakinkan 8-1.

Susunan Pemain

Belanda: Vorm, Blind, Vlaar, Bruma, Janmaat, Lens, Strootman, De Jong, Robben, Van Der Vaart, Van Persie.

Hungaria: Bogdan, Guzmics, Korcsmar, Varga, Kadar, Vanczak, Koman, Dzsudzsak, Hajnal, Bode, Nemeth (goal.com/fifa.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home