Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Reporter Satuharapan 10:38 WIB | Senin, 23 Desember 2019

Kualitas Produk Rempah Safron Afghanistan Terbaik di Dunia

Memilah stigma bunga, bagian yang diperdagangkan, di musim panen safron. (Foto: cntraveler.com)

KABUL, SATUHARAPAN.COM – Produk rempah safron asal Afghanistan dinobatkan sebagai yang terbaik dari segi kualitas oleh sebuah lembaga internasional yang berbasis di Brussels, Belgia, seperti dilaporkan sebuah kantor berita daring setempat pada Sabtu (21/12).

“Safron Afghanistan dari segi kualitas dinobatkan sebagai yang terbaik di dunia oleh Institut Kualitas dan Rasa Internasional (International Taste and Quality Institute) di Brussels,” seperti diwartakan Khaama Press, dan dilansir Kantor Berita Xinhua, 22 Desember 2019.

Safron telah dibudidayakan di 33 dari 34 provinsi di negara itu pada tahun ini, menghasilkan 18,3 metrik ton, kata Akbar Rustami, juru bicara Kementerian Pertanian dan Irigasi Afghanistan, dikutip dalam laporan tersebut.

Produksi safron akan mencapai 25 ton pada tahun 2021, pejabat tersebut mencatat.

Didirikan pada 2003, Institut Kualitas dan Rasa Internasional telah menguji dan mengakui makanan yang berbeda secara global.

Di pasar lokal Afghanistan, 1 kg safron dihargai 50.000-90.000 afghani (1 afghani = Rp178), bergantung pada kualitasnya, menurut Rustami.

Pemerintah Afghanistan telah mengambil langkah-langkah untuk berinvestasi di sektor pertanian guna lebih lanjut menciptakan peluang kerja dan meningkatkan ekonomi.

Perang selama tiga dekade telah menghancurkan sektor pertanian di negara yang terkurung daratan tersebut. (Xinhua/Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home