Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 04:57 WIB | Kamis, 26 Mei 2022

Kunjungan Komisaris Tinggi HAM PBB ke China Menuai Kritik

Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Michelle Bachelet, bertemu dengan Anggota Dewan Negara China dan Menteri Luar Negeri, Wang Yi, di Guangzhou, Provinsi Guangdong, China, pada 23 Mei 2022. (Foto: Reuters)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Presiden China, Xi Jinping, berbicara pada hari Rabu (25/5) melalui video dengan Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Michelle Bachelet, yang sedang dalam kunjungan yang menuai kritik dari kelompok-kelompok hak asasi manusia dan yang oleh Amerika Serikat disebut sebagai kesalahan.

Sementara perjalanan enam hari Bachelet akan mencakup kunjungan ke wilayah barat jauh di Xinjiang. Kantornya mengatakan tahun lalu bahwa mereka yakin sebagian besar etnis Muslim Uyghur telah ditahan secara tidak sah, dianiaya, dan dipaksa bekerja. Namun hal itu tidak disebutkan dalam akun media pemerintah tentang pertemuan video mereka.

Xi mengatakan kepada Bachelet bahwa perkembangan hak asasi manusia China “sesuai dengan kondisi nasionalnya sendiri,” dan bahwa di antara berbagai jenis hak asasi manusia, hak untuk bertahan hidup, dan pembangunan adalah yang utama bagi negara-negara berkembang.

“Menyimpang dari kenyataan dan meniru model kelembagaan negara lain sangat tidak cocok dengan kondisi lokal, tetapi juga membawa konsekuensi bencana,” kata kantor berita Xinhua mengutip Xi. “Pada akhirnya, rakyat luas yang akan menderita,” katanya.

Kantor Bachelet tidak segera menanggapi permintaan komentar melalui email. Kritikus mengatakan mereka tidak percaya Bachelet akan diberikan akses yang diperlukan untuk membuat penilaian penuh tentang situasi HAM di Xinjiang.

Bachelet telah menyerukan akses tanpa batas di Xinjiang, tetapi kementerian luar negeri China mengatakan kunjungannya akan dilakukan dalam "lingkaran tertutup," mengacu pada cara mengisolasi orang dalam "gelembung" untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Kunjungan Yang Dikritik

Pada hari Selasa, juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Ned Price, mengatakan itu adalah "kesalahan untuk menyetujui kunjungan dalam situasi tersebut." Amerika Serikat menggambarkan perlakuan China terhadap Uyghur sebagai genosida.

Kunjungan Bachelet yang telah lama dinanti-nantikan ke China, yang pertama oleh pemegang jabatannya dalam 17 tahun, telah penuh sejak awal, sebagian besar karena kekhawatiran bahwa hal itu dapat mengarah pada pengesahan daripada pengawasan terhadap catatan HAM China.

Pada hari Senin (23/5), Bachelet mengatakan kepada para diplomat yang berbasis di Beijing bahwa perjalanannya ke Xinjiang adalah “bukan penyelidikan” terhadap catatan HAM China tetapi tentang keterlibatan jangka panjang dengan otoritas China, tiga diplomat Barat mengatakan kepada Reuters.

Beberapa diplomat menyuarakan keprihatinan bahwa dia tidak akan diberi akses “tanpa hambatan dan berarti”.“Saya seorang perempuan dewasa,” dia menanggapi kekhawatiran itu, dua diplomat yang diberi pengarahan tentang panggilan itu. “Aku bisa membaca di antara garis."

Bachelet menjelaskan bahwa meskipun aksesnya terbatas karena COVID-19, dia telah mengatur beberapa pertemuan dengan orang-orang yang terlepas dari otoritas China.

Pada hari Selasa, beberapa media global melaporkan ribuan foto dan dokumen yang bocor dari biro keamanan publik di dua kabupaten Xinjiang yang merinci penahanan massal orang Uyghur antara Januari dan Juli 2018. Reuters tidak dapat memverifikasi dokumen secara independen.

China awalnya membantah keberadaan kamp penahanan di Xinjiang tetapi pada 2018 mengatakan telah mendirikan “pusat pelatihan kejuruan” yang diperlukan untuk mengekang apa yang dikatakannya sebagai terorisme, separatisme, dan radikalisme agama di Xinjiang.

Pada 2019, Gubernur Xinjiang, Shohrat Zakir, mengatakan semua peserta pelatihan telah “lulus.” Pada hari Senin, menteri luar negeri China, Wang Yi, memberi Bachelet sebuah buku kutipan Xi tentang hak asasi manusia. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home