Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:03 WIB | Jumat, 11 Maret 2022

Kunjungi Turki, Presiden Israel: Kami Tidak Berilusi, Kami Memikirkan Masa Depan

Presiden Israel, Isaac Herzog dan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Foto: dok. Ist)

ISTANBUL, SWATUHARAPAN.COM-Israel berjalan dengan hati-hati dengan Turki, tetapi berharap bahwa itu akan memulai proses positif menuju peningkatan hubungan, kata Presiden Israel, Isaac Herzog, pada hari Kamis (10/3), sehari setelah pertemuannya dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

“Kunjungan saya ke Turki sebagai tamu Presiden Erdogan sangat penting… dalam sejarah kedua negara dan bangsa,” kata Herzog pada konferensi pers di Istanbul. Mengingat banyak pasang surut dalam hubungan kedua negara, termasuk banyak contoh pernyataan permusuhan dan penarikan berulang kali duta besar Turki dari Israel dalam beberapa tahun terakhir.

Herzog mengatakan bahwa dia “memasuki proses ini dengan mata terbuka dan bekerja sama penuh dengan Perdana Menteri. Kantor, Kementerian Luar Negeri, Dewan Keamanan Nasional, dan lainnya.”

“Kami tidak melupakan masa lalu, tetapi kami memikirkan masa depan,” kata presiden. Proses rekonsiliasi memakan waktu “beberapa bulan dan banyak usaha,” kata Herzog dikutip The Jerusalem Post. Itu dimulai dengan Erdogan memanggilnya segera setelah dia menjadi presiden tahun lalu. Erdogan sudah mengundangnya ke Ankara dalam panggilan pertama itu, kata seorang sumber dalam delegasi Herzog, tetapi presiden baru itu menjelaskan bahwa dia tidak memiliki kekuasaan eksekutif dan harus bekerja dalam koordinasi dengan pemerintah.

“Kami memilih jalan memberi (Erdogan) kesempatan, dan saya sangat mendukungnya,” kata presiden. Israel melihat pentingnya memiliki hubungan baik dengan Turki, sebagai dua negara paling kuat di kawasan itu, kata sumber dalam delegasi presiden.

Herzog dan Erdogan berbicara di telepon beberapa kali sejak itu, dengan perencanaan kunjungan presiden dimulai dengan sungguh-sungguh setelah Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri, Alon Ushpiz, bertemu dengan penasihat senior Erdogan, Ibrahim Kalin, pada bulan Desember.

Sambutan Erdogan

Erdogan menyambut Herzog ke Ankara sebagai tamu tingkat tertinggi  dengan pasukan pengawal kehormatan dengan 21 tembakan salut, makan malam kenegaraan di istana presiden dan banyak lagi. “Fakta dari kunjungan itu yang penting,” kata Presiden.

Herzog mengatakan dia menemukan Erdogan “terbuka untuk dialog nyata tentang berbagai topik. Kami membahas detail tentang topik yang penting bagi kedua belah pihak.”

Setiap usulan yang muncul dalam pertemuan tersebut “akan diuji dalam tindakan di lapangan dan perilaku saling menghormati, yang sangat penting,” tambah presiden. Herzog juga mengusulkan “cara untuk menyelesaikan konflik yang mungkin timbul.”

Herzog mengatakan dia “tidak berada di bawah ilusi” tentang pemulihan hubungan dengan Turki, mengatakan bahwa itu karena kepentingan kedua belah pihak, mengingat situasi diplomatik Israel yang kuat di kawasan itu, antara Kesepakatan Abraham dan hubungan dekat dengan Yunani dan Siprus.

Presiden juga menunjukkan bahwa Israel dan Turki telah menemukan diri mereka dalam situasi yang sama ketika datang ke perang di Ukraina, di mana mereka berdua memiliki dialog terbuka dengan Ukraina dan Rusia dan berperan dalam mediasi.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home