Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 07:19 WIB | Rabu, 19 Oktober 2016

Kwarnas Apresiasi Perkemahan Mahasiswa PT Keagamaan Islam

Ilustrasi. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (tengah) didampingi Gubernur Maluku Said Assagaff (kanan) dan Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Marbawi (kiri) membuka Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) II/2016 di Pantai Liang, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Rabu (25/5). PPMN II/2016 diikuti 1.200 anggota Pramuka Madrasah dari seluruh Indonesia. (Foto: Antara/Izaac Mulyawan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mengapresiasi PWPTK (Perkemahan Wirakarya Mahasiswa Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam) sebagai kegiatan perkemahan yang baik, terarah dan terstruktur, serta berdampak signifikan bagi pengembangan pramuka di PTKI.

Hal ini disampaikan Ketua Bidang Giat Kepramukaan Kwarnas Gerakan Pramuka  Mardani Zuhri saat memberikan evaluasi pada kegiatan Koordinasi dan Evaluasi PW PTK di Jakarta, Senin (17/10).

Menurut dia, para peserta yang datang dari Sabang sampai Merauke terorganisir dengan baik dalam suasana perkemahan yang Islami. Penegakan disiplin, tata tertib ibadah, kegiatan kepramukaan yang terstruktur, sehingga masyarakat merasakan kehadiran pramuka PTKI (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam), menjadi poin penting.

Sebelumnya, Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Ditjen Pendidikan Islam menyelenggarakan Perkemahan Wirakarya Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PW PTKI) XIII pada tanggal 16-22 Mei 2016 di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari.

Perkemahan ini diperuntukan bagi mahasiswa UIN (Universitas Islam Negeri), IAIN (Institut Agama Islam Negeri), STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri), dan PTKIS (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta).  

Mardani mengatakan, dalam kemah apapun persoalan yang harus benar-benar beres adalah persoalan makanan, air, dan tempat menginap. Jika tiga hal itu dapat disediakan dan ditangani dengan baik, perkemahan akan sukses. "IAIN Kendari sebagai tuan rumah telah dapat menyediakannya dengan baik," kata Mardani.

Indikator lain bahwa PW PTK berjalan baik, lanjut Mardani Zuhri, para peserta pramuka pandega mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, mulai pembukaan, kegiatan kepramukaan, bakti sosial, bakti keagamaan, bersih lingkungan, dialog kebangsaan, bersih pantai sampai dialog dan kunjungan ke rumah ibadah hingga upacara penutupan. Semuanya berjalan dengan baik.

Perkemahan Wirakarya PTK diikuti oleh 1.724 peserta dengan perincian 1.480 peserta, 58 Pimpinan Kontingen, 180 Pembina Pendamping, dan 6 Peninjau. PW PTK yang ke XIII ini diselenggarakan pada 16 - 22 Mei 2016 di IAIN Kendari.

Kegiatan Koordinasi dan Evaluasi PW PTK dilaksanakan pada tanggal 17-18 Oktober 2016. Diikuti oleh 30 orang yang tediri dari Tuan Rumah PW PTK Kendari, Wakil Rektor/Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (Kwarnas) dan unsur Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Dari tuan rumah PW PTKI dihadiri oleh Nur Alim, Rektor IAIN Kendari, Khaeroni, Kepala Biro AUAK dan Yahya Ubaid, Wakil Rektor III IAIN Kendari.

Rektor IAIN Kendari, Nur Alim melaporkan bahwa terobosan yang dilakukan PW PTK XIII di IAIN Kendari yang belum dilaksanakan pada PW sebelumnya adalah diselenggarakannya beragam kegiatan seperti Bedah Rumah, Etno Karnival, Pentas Seni Budaya, Demo Masakan khas Nusantara, Senam Tongkat Pramuka (Rekor MURI), Rumah Baca di Home Stay.

Peserta PW PTK telah berhasil membangun dua rumah warga miskin yang sudah tidak layak, yaitu Rumah Mbah Simpen dan Bapak Murjiono yang berlokasi di Kabupaten Konawe Selatan. Bedah rumah merupakan kegiatan yang sangat baik untuk melatih kepedulian social anggota pramuka PTKI dan dan dampaknya nyata bagi masyarakat kata Nur Alim.

"Dengan adanya PW PTK di IAIN Kendari telah berdampak positif bagi IAIN Kendari yaitu adik-adiik Racana IAIN Kendari sangat sibuk melayani permintaan mengisi kegiatan kepramukaan di mana-mana," kata Nur Alim.

Sementara itu Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan, Siti Sakdiyah mengharapkan agar penyelenggaraan PW PTK XIII dapat memicu semangat dan motivasi pramuka pandega pada PTKI agar terus berkarya dan berprestasi. "Perkemahan Wirakarya dari tahun ke tahun akan ditingkatkan kualitasnya penyelenggaraannya, salah satunya dengan cara membuat standard even yang baku," kata dia. (kemenag.go.id)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home